2.800 paket sembako murah siap didistribusikan membantu masyarakat Kotim

id 2.800 paket sembako murah siap didistribusikan membantu warga Kotim,Dinas perdagangan ,Ramadhan,Pasar murah,Harga sembako,Sampit,Kotawaringin Timur

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur H Muhammad Tahir. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah segera mendistribusikan sebanyak 2.800 paket sembako murah untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok, khususnya selama bulan suci Ramadhan ini.

"Paket itu berasal dari pemerintah provinsi sebanyak 800 paket untuk dua kecamatan dan dari pemerintah kabupaten sebanyak 2.000 paket untuk empat kecamatan," kata Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Kotawaringin Timur H Muhammad Tahir di Sampit, Selasa.

Operasi pasar murah Ramadhan 1440 Hijriah atau tahun 2019 ini akan dimulai pada 10 Mei nanti di Kuala Kuayan Kecamatan Mentaya Hulu. Tim Dinas Perdagangan dan Perindustrian akan membawa 500 paket sembako murah untuk dijual di kecamatan yang lokasinya cukup jauh dari pusat kota Sampit tersebut.

Setiap paket terdiri dari beras 10 kg, minyak goreng dua liter, gula 2 kg dan mi instan. Nilai paket sembako Rp200 ribu namun dijual dengan harga hanya Rp150 ribu karena Rp50 ribu disubsidi oleh pemerintah daerah.

Operasi pasar murah selanjutnya akan dilaksanakan di Kecamatan Telawang, Teluk Sampit dan Seranau. Setiap kecamatan mendapat alokasi masing-masing 500 paket sembako murah.

Sementara itu, pasar murah yang dananya dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan dilaksanakan di Kecamatan Kotabesi dan Cempaga. Masing-masing kecamatan dijatah sebanyak 400 paket sembako murah.

Teknis pelaksanaannya, Dinas Perdagangan menyurati camat, kemudian pihak kecamatan melakukan pendataan calon pembeli paket murah. Selanjutnya, pihak kecamatan membagi kupon pembelian kepada orang-orang yang memang tidak mampu.

"Pasar murah ini mengutamakan keluarga tidak mampu. Kepala desa, ketua RW dan ketua RT yang lebih tahu warga mereka yang berhak menerima sembako murah ini, makanya teknis di lapangan kami serahkan kepada mereka," kata Tahir.

Program penjualan sembako murah diharapkan membantu meringankan beban masyarakat dari keluarga kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan pokok, khususnya selama bulan suci Ramadhan hingga lebaran nanti.

Selain itu, sembako murah ini juga merupakan salah satu upaya untuk menjaga kestabilan harga sembako di pasaran. Dengan pasokan dan stok mencukupi, ditambah ada kegiatan pasar murah, kenaikan harga kebutuhan pokok diharapkan bisa dicegah.

Sementara itu untuk kawasan Kota Sampit yang meliputi Kecamatan Baamang dan Mentawa Baru Ketapang, masyarakat bisa membeli harga sembako dengan harga terjangkau di pasar penyeimbang yang sudah didirikan atas kerja sama pemerintah daerah dengan Perum Bulog Sub Divisi Regional Sampit.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar