Legislator Kotim minta penjaringan atlet tidak terfokus di kota

id Legislator Kotim minta penjaringan atlet tidak terfokus di kota,KONI,DPRD,Rimbun,Olahraga,Sampit

Legislator Kotim minta penjaringan atlet tidak terfokus di kota

Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Rimbun. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah, Rimbun minta pembinaan, penjaringan minat, dan bakat atlet tidak hanya terfokus di perkotaan, namun juga harus dilakukan hingga ke wilayah pelosok.

"Selama ini penjaringan atlet tidak berjalan maksimal dan hanya terfokus di wilayah perkotaan sehingga atlet berbakat yang memiliki potensi di pelosok terabaikan," katanya di Sampit, Selasa.

Kurangnya pembinaan terhadap atlet juga mengakibatkan Kabupaten Kotawaringin Timur sering kesulitan mendapatkan atlet berprestasi. Padahal pemerintah daerah memiliki ekspektasi tinggi mengembalikan kejayaan prestasi olahraga di daerah ini.

Rimbun berharap pemerintah daerah melalui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kotawaringin Timur dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, terutama dalam hal pembinaan atlet.

"Pengurus baru KONI Kotawaringin Timur harus mengevaluasi seluruh sistem dan semua lini, dan yang jelas melakukan apa yang selama ini belum pernah dilakukan," tambahnya.

Dikatakan Rimbun, jika selama ini penjaringan atlet berbakat tidak pernah dilakukan hingga daerah pelosok, maka kedepannya hal itu harus dilakukan KONI. Atlet berbakat dan memiliki potensi di wilayah pelosok hendaknya diberikan kesempatan untuk unjuk kemampuan dan membela nama baik daerah.

Rimbun menilai, banyak atlet di pelosok yang berbakat, namun sayangnya mereka tidak diberdayakan dan tidak diberi peluang mengasah kemampuannya. Jika diberi kesempatan, Rimbun yakin banyak atlet di pelosok yang mampu meraih prestasi.

Selain hingga ke pelosok, penjaringan dan pembinaan atlet hendaknya dilakukan hingga di tingkat sekolah agar Kotawaringin Timur memiliki atlet di semua tingkatan.
Rimbun menilai, prestasi olahraga Kotawaringin Timur belum terlalu bagus. Bal itu terjadi karena belum adanya atlet di semua tingkatan.

"Sesuai tugas pokok dan fungsi DPRD, kami siap membantu dari segi anggaran untuk penjaringan dan pembinaan atlet agar prestasi olahraga Kotawaringin Timur nantinya bisa lebih baik," ungkapnya.

Rimbun juga berharap pada 2022 nanti Kabupaten Kotawaringin Timur dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggara Pekan Olahraga provinsi (Porprov) Kalteng.