Begini cara Pemkab Sukamara atasi kebutuhan air bersih untuk warga Kecamatan Jelai

id tempenek,Sukamara

Begini cara Pemkab Sukamara atasi kebutuhan air bersih untuk warga Kecamatan Jelai

Warna keruh air di sebagian sungai di Kalimantan Tengah. (dok. Antara)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Sukamara yang merupakan daerah paling barat di wilayah Kalimantan Tengah terus berupaya mengatasi pemenuhan kebutuhan air bersih terutama di Kecamatan Pantai Lunci dan Kecamatan Jelai.

Bupati Sukamara, Windu Subagio ketika dihubungi dari Sukamara, Selasa, mengatakan upaya yang dilakukan saat ini guna memenuhi kebutuhan air bersih di dua kecamatan tersebut dengan membangun embung di Danau Tempenek.

Diharapkan keberadaan embung di Danau Tempenek nantinya dapat mengatasi ketersediaan air baku yang selama ini menjadi permasalahan air bersih di Kecamatan Jelai dan Pantai Lunci.

Pada Mei 2019 dimulai kegiatan lapangan pembangunan embung di Danau Tempenek dengan pagu anggaran Rp45 miliar. Proyek pembangunan embung di Danau Tempenek merupakan proyek yang dilaksanakan Direktorat Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum.

Kadis Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Sukamara, Arif Rahman Hakim, menyebutkan guna menunjang percepatan pemanfaatan sumber air baku Tempenek sebagai bahan dasar air bersih telah diusulkan kerja sama dengan pihak swasta.

Rencana kerja sama dengan PT Adaro Water Invesment anak perusahaan tambang batu bara PT Adaro tersebut yang akan menanggung sepenuhnya biaya pembangunan jaringan distribusi air bersih.

Baca juga: Generasi muda harus paham teknologi, kata Bupati Sukamara
 


Pewarta :
Editor : Rachmat Hidayat
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar