Trik berburu tiket mudik dadakan

id tiket mudik,tiket pesawat,mudik dadakan,Trik berburu tiket mudik dadakan

Trik berburu tiket mudik dadakan

Ilustrasi - Sejumlah calon penumpang melakukan pemesanan tiket kereta api mudik Lebaran 2016 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. ANTARA FOTO/Reno Esnir/pd/16.

Jakarta (ANTARA) - Ada kalanya situasi membuat Anda tidak bisa segera membeli tiket pesawat mudik, padahal kuota tempat duduk sudah berkurang sementara permintaan setiap tahun selalu tinggi.

Tidak perlu khawatir harus melewatkan suasana Idul Fitri jauh dari keluarga bila hal ini terjadi, sebab masih ada kesempatan untuk membeli tiket pulang kampung.

Beli tiket di agen wisata

"Agen wisata kerap mengeluarkan promo-promo last minutes menarik," kata Hendri Yapto, Chief Operating Officer Dwidayatour.

Cari agen-agen wisata terdekat dari tempat Anda. Biasanya, ada pilihan cashback dari sejumlah bank yang bekerja sama, membuat pengeluaran Anda bisa lebih hemat.

Cari promosi dan diskon

Jangan terlalu banyak berharap bisa mendapatkan tiket murah jika baru membeli tiket pesawat menjelang Idul Fitri.

Namun harga yang melejit bisa diatasi dengan memanfaatkan berbagai promosi dan diskon yang ditawarkan agen wisata, baik konvensional maupun online.

"Salah satu caranya, aware sama berbagai promosi," ujar Yosi Marhayati, Public Relations Executive Tiket.com.

Unduh aplikasi-aplikasi pemesanan tiket

Ragam informasi promosi bisa didapatkan dengan mengunduh aplikasi-aplikasi pemesanan tiket. Jika biasanya Anda hanya memakai salah satu aplikasi, coba unduh aplikasi lainnya.

"Karena pada periode seperti mudik kali ini, sangat banyak promosi-promosi yang ditawarkan," kata Bayu Wardhana, Corporate Communication Panorama JTB Tours.

Aplikasi pemesanan tiket membuat Anda lebih leluasa dan bisa menghemat waktu dalam mengecek ketersediaan tiket untuk rute yang diinginkan.

Ganti destinasi

Jika tiket menuju kampung halaman sudah habis terjual, sementara Anda ingin mencari suasana lebaran di tempat lain, pertimbangkan untuk mengganti kota tujuan.

Mungkin Anda harus menjadwalkan ulang pertemuan dengan keluarga besar di kampung halaman, tapi setidaknya libur Idul Fitri bisa dilewatkan dengan menyegarkan pikiran dengan berpetualang ke kota atau negara lain.

Menurut Hendri, tujuan populer untuk menghabiskan libur lebaran di luar negeri meliputi Jepang, Korea Selatan serta kota-kota di Eropa.

"Mengingat libur lebaran biasanya diikuti oleh libur sekolah, maka banyak yang memanfaatkannya untuk liburan panjang," kata dia.

Sementara itu, rute domestik yang tiketnya jadi rebutan didominasi rute kota-kota besar seperti Bali, Medan, Semarang, Surabaya, Jogja, Makasar dan Pontianak. Selain untuk mudik, rute seperti Bali juga biasanya laris dipesan untuk liburan. Anda bisa memilih kota yang berbeda dari tujuan populer tersebut untuk mendapatkan suasana Lebaran yang berbeda.