Pemerintah bantu 50 ternak babi untuk warga

id bantu ternak babi,Pemerintah bantu 50 ternak babi untuk warga

Pemerintah bantu 50 ternak babi untuk warga

Warga penerima bantuan dari Kapolri, sedang mengikuti praktik menyuntik ternak babi agar terhindar dari penyakit. (Foto: Antaranews Papua/Marius Frisson Yewun) (Foto Antaranews Papua/Marius Frisson Yewun)

Wamena (ANTARA) - Pemerintah pusat melalui Kepala BNPB Doni Munardo bekerjasama dengan Dewan Ketahanan Nasional dan perusahaan Kopi Kapal Api menyerahkan bantuan 50 ternak babi untuk masyarakat Nduga, Provinsi Papua.

Koordinator lapangan untuk program pengadaan ternak babi, Marinus Yaung, di Wamena, Jayawijaya, Kamis, mengatakan berdasarkan koordinasi kepala BNPB dengan Perusahaan Kopi Kapal Api, mereka siap membantu 250 bibit ternak babi untuk masyarakat di pegunungan Papua.

"Ada banyak pengusaha yang ingin menyumbang untuk Pemda Nduga dan masyarakat pegunungan tengah. Bantuan Ini yang kedua, yang pertama dari PT Inalum berupa 50 ekor babi pada Februari lalu. Kalau ini sumbangan dari perusahaan Kopi Kapal Api di Surabaya," katanya.

Marinus Yaung menargetkan membagi 1.000 bibit ternak babi untuk beberapa kabupaten yang ada di wilayah pegunungan tengah Papua.

Ia mengharapkan bantuan ternak babi kepada masyarakat Nduga dapat memulihkan kembali ekonomi masyarakat setelah baku tembak antara TNI/Polri melawan KKB beberapa waktu lalu.

"Pemerintah prihatin dengan kondisi masyarakat Nduga, karena itu pemerintah memberikan bantuan babi untuk menghidupkan kembali ekonomi rumah tangga orang-orang Nduga," katanya.

Marinus mengatakan akan menambah lagi jumlah bibit apabila bantuan yang sudah diserahkan bisa dipelihara dengan baik, dan ia mengharapkan dinas terkait membantu peternak babi dengan memberikan faksin serta vitamin agar hewan peliharaan sehat terus.

"Harapan kami juga, dengan bantuan ternak babi ini, masyarakat tidak tinggal terlalu lama di pengungsian di Wamena, Lanny Jaya dan Timika, kalau bisa mereka kembali ke Nduga," katanya.

Gembala Sidang Jemaat Solagratia Mes Wenda menyampaikan terimakasih atas bantuan dan akan mendorong jemaatnya untuk mengembangbiakkan ternak yang diberikan kepada masyarakat.

"Atas nama jemaat kami ucapkan terimakasih kepada pimpinan BNPB, pimpinan perusahaan Kopi Kapal Api yang punya hati membantu masyarakat pegunungan tengah. Ada 10 kelompok akan diberi lima ekor, betina empat dan jantan satu," katanya.