SDM Petani perlu lebih ditingkatkan, kata Legislator Kotim

id dprd kotawaringin timur,dprd kotim,Jainudin Karim

SDM Petani perlu lebih ditingkatkan, kata Legislator Kotim

Anggota DPRD Kotawaringin Timur Jainudin Karim. (Foto Antara Kalteng/Untung Setiawan)

Sampit (ANTARA) - Legislator Kabupaten Kotawaringin Timur Jainudin Karim menilai sumber daya manusia petani maupun petugas pertanian di daerah itu perlu lebih ditingkatkan, agar semakin optimal dalam mengelola lahan serta bertambahnya hasil panen.

"Areal pertanian di Kotim cukup luas, sehingga pengelolaannya harus dibarengi dengan pengetahuan yang luas dan keterampilan khusus dari petani," kata Karim di Sampit, Jumat.

Begitu juga dengan penyuluh pertanian di lapangan harus benar-benar berpengalaman dan menguasai ilmu pertanian. Karena mereka adalah ujung tombak keberhasilan sektor pertanian di Kabupaten Kotawaringin Timur.

Meningkatkan produksi hasil pertanian tidak hanya cukup mengandalkan dengan cara tradisional, namun pengolahan harus didukung dengan teknologi.

"Jika ingin berhasil dan sukses meningkatkan hasil  pertanian maka harus didukung dengan peralatan yang modern, seperti traktor, masin tanam padi dan lainnya," ucapnya.

Begitu juga dengan bibit yang ditanam juga harus bibit unggul, tahan hama, serta didukung dengan bantuan dari pemerintah daerah. Dan yang terpenting adalah petani bisa dengan mudah mendapatkan pupuk.

Pemerintah daerah pun berkewajiban menyediakan anggaran secara khusus untuk sektor pertanian. Sebab, pertanian di Kotawaringin Timur beberapa tahun terakhir terus berkembang, utamanya untuk produksi padi terus meningkat.

"Saya berharap luas tanam padi di Kotawaringin Timur terus ditambah dengan mencetak sawah-sawah baru," kata Karim.

Bertambahnya luas sawah juga harus dibarengi dengan penambahan petugas penyuluh pertanian lapangan, sebab dengan adanya bimbingan tenaga penyuluh itulah petani bisa berhasil.

"Pengangkatan tenaga penyuluh lapangan harus dilakukan setiap tahun, sebab sebagian tenaga penyuluh yang  ada saat ini mulai memasuki masa pensiun," tegasnya.