DPRD desak Pemkot Palangka Raya laksanakan operasi pasar

id Dprd kota palangka raya, jumatni, pemerintah kota, dinas perindustrian dan perdagangan, disperindag, kenaikan atau lonjakan harga, kebutuhan bahan pok

DPRD desak Pemkot Palangka Raya laksanakan operasi pasar

Pasar Kahayan Kota Palangka Raya. (Foto Antara Kalteng/Jaya Wirawana Manurung)

Palangka Raya (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah Jumatni mendesak pemerintah kota setempat, untuk segera melaksanakan operasi pasar di sejumlah wilayah yang dianggap perlu.

"Pemkot harus segera menginstruksikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk segera menggelar operasi pasar," katanya saat dihubungi dari Palangka Raya, Jumat.

Tujuannya adalah menekan harga kebutuhan bahan pokok di bulan Ramadhan agar tidak melonjak. Adanya operasi pasar juga akan membantu warga yang tinggal jauh dari perkotaan.

Saat ini sejumlah bahan pokok di pasar yang ada di Palangka Raya perlahan mulai mengalami kenaikan, khususnya selama bulan Ramadhan. Untuk itu warga diimbau tetap tenang menghadapi kondisi tersebut.

Pihaknya terus mendorong agar pemkot bersama Tim Satuan Tugas Pangan setempat, segera bergerak dan melakukan pengecekan harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar di Palangka Raya.

"Apabila nantinya pemkot dan satgas sudah turun ke lapangan, kami harapkan dapat memastikan penyebab kenaikan sejumlah bahan pokok," terangnya.

Jika terindikasi adanya penyimpangan, agar segera ditindak sesuai aturan yang berlaku. Namun apabila kenaikan masih dalam batas wajar, aparat diminta tetap melakukan pengawasan secara maksimal guna mencegah pelanggaran oleh oknum tertentu.

Sekretaris Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Palangka Raya itu, mengapresiasi tindakan yang dilakukan oleh Tim Satuan Tugas Pangan, beserta pihak terkait lainnya di tingkat provinsi yang telah melakukan inspeksi mendadak di dua pasar yang ada di kota setempat. 

Meski diakui pedagang terjadi kenaikan harga pada sejumlah bahan pokok saat ini, namun sidak tersebut memberikan hasil positif, yaitu kondisi harga secara umum masih relatif normal.

"Yang perlu dan mendapatkan perhatian khusus, yakni pada saat pertengahan bulan Ramadhan dan menjelang waktu Lebaran. Biasanya akan terjadi kenaikan harga yang cukup signifikan pada sejumlah komoditi," tegas Jumatni.