KNPI Kotim menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda dengan berjualan takjil

id KNPI Kotim menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda dengan berjualan takjil,Pasar Ramadhan,Takjil,Buka puasa,Kotawaringin Timur,Sampit,Endra rosana

KNPI Kotim menumbuhkan jiwa kewirausahaan pemuda dengan berjualan takjil

Pengurus KNPI Kotawaringin Timur saat berjualan makanan berbuka puasa di depan sekretariat mereka. (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Selain memperbanyak ibadah, banyak hal positif yang bisa dilakukan selama bulan suci Ramadhan, di antaranya mengisi waktu dengan berjualan makanan untuk berbuka puasa atau sering disebut takjil.

Seperti yang dilakukan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah yang memfasilitasi pengurus dan anggota mereka yang ingin berjualan takjil pada sore hari.

"Ini untuk mengisi kegiatan-kegiatan positif bagi pemuda. Kami mencoba mengisi waktu selama bulan Ramadhan untuk beribadah, juga untuk menyalurkan bakat wirausaha pemuda," kata Ketua KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana di Sampit, Sabtu.

Seperti di daerah lain pada umumnya, pedagang makanan bermunculan saat bulan suci Ramadhan. Meningkatnya permintaan warga yang berbelanja menu berbuka puasa dan sahur, menjadi peluang usaha tahunan yang sayang jika dilewatkan.

Momen inilah yang juga ditangkap KNPI dengan mendorong dan memfasilitasi pengurus beserta anggota mereka untuk berjualan makanan. Selain peluang mendapatkan keuntungan, ini menjadi kesempatan berharga bagi pemuda untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa kewirausahaan sebagai bekal untuk berwirausaha.

Gagasan ini disambut antusias sejumlah pengurus dan anggota organisasi kepemudaan tersebut. Mereka kemudian membuat lapak sederhana di depan Sekretariat KNPI Kotawaringin Timur yang kemudian mereka beri nama wisata kuliner pemuda.

Lokasinya yang strategis yaitu di simpang empat Jalan Yos Sudarso dan Achmad Yani serta dekat dengan Taman Kota Sampit, menjadi keunggulan mereka. Lokasi ini banyak dilewati warga karena letaknya di pusat kota sehingga banyak warga yang singgah untuk membeli makanan dan minuman.

Berbagai menu kue tradisional mereka sediakan seperti bingka kentang, srikaya, kue lapis, amparan tatak dan dodol tanak. Mereka juga menjual beragam minuman segar dengan harga terjangkau.

"Kami buka setiap hari mulai pukul 15.00 WIB. Alhamdulillah sambutan masyarakat cukup baik. Mudah-mudahan kegiatan ini membawa manfaat bagi kami dan masyarakat," harap Endra.

Menggerakkan ekonomi masyarakat dengan mendorong peningkatan wirausahawan muda merupakan salah satu fokus KNPI Kotawaringin Timur. Mereka ingin mengajak seluruh pemuda untuk menjadi penggerak kemajuan pembangunan, termasuk dalam hal ekonomi.