Begini cara pegawai Setda Kotim memaknai bulan Ramadhan

id Begini cara pegawai Setda Kotim memaknai bulan Ramadhan,Ramadhan,Panti asuhan,Kotim,Kotawaringin Timur

Begini cara pegawai Setda Kotim memaknai bulan Ramadhan

Pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur berfoto dengan anak yatim dan pengelola Panti Asuhan Annida Qalbu Sampit, Senin (13/5/2019). (Foto Setda Kotim)

Sampit (ANTARA) - Pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah berusaha memanfaatkan bulan suci Ramadhan dengan ibadah dan berbagai kegiatan bermanfaat di sela rutinitas kerja mereka.

"Hari ini kami mengadakan buka puasa bersama dengan anak yatim piatu di Panti Asuhan Annida Qalbu, sekaligus menyerahkan bantuan sembako dalam rangka menjalin silaturahmi," kata Kepala Bagian Umum Sekretariat Daerah Kotawaringin Timur Raihansyah di Sampit, Senin.

Pegawai Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur beramai-ramai datang ke Panti Asuhan Annida Qalbu di Jalan Jaya Wijaya Sampit. Kedatangan mereka disambut gembira puluhan anak yatim dan pengelola panti asuhan yang dipimpin Rohani.

Suasana kekeluargaan sangat terasa. Para pegawai dengan penuh sayang berbaur dengan anak-anak yang membutuhkan perhatian semua pihak tersebut.

Di bulan yang suci ini, para pegawai ingin berbagi sedikit rezeki kepada penghuni panti asuhan tersebut. Mereka sengaja datang berbuka puasa sekaligus menyerahkan bantuan tersebut untuk berbagi kebahagiaan dan merasakan suasana Ramadhan seperti yang dirasakan anak-anak malang tersebut.

Salah satu pelajaran dari ibadah puasa adalah membangkitkan kembali kepekaan sosial. Dengan berpuasa, umat Islam bisa merasakan lapar dan haus seperti sering dirasakan orang miskin yang mungkin saja masih ada di sekitar lingkungan mereka.

Puasa juga mengajarkan untuk mengendalikan hawa nafsu. Selain berpuasa, umat Islam juga sangat dianjurkan meningkatkan amal ibadah di bulan suci ini, salah satunya dengan bersedekah membantu fakir miskin dan anak yatim.

Bantuan yang diserahkan tersebut merupakan hasil sumbangan semampunya dari seluruh pegawai di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Kotawaringin Timur. Bantuan itu memang tidak seberapa, namun kepedulian dan perhatian tulus tersebut diharapkan bisa membawa kebahagiaan bagi seluruh penghuni panti asuhan tersebut.

Kegiatan sosial seperti ini memang sering dilakukan pegawai setempat. Namun kegiatan kali ini terasa makin bermakna karena bertepatan dengan bulan suci Ramadhan.

"Mudah-mudahan dengan bantuan yang tidak seberapa ini bisa meringankan beban dan membawa manfaat serta kebahagiaan bagi anak-anak di panti asuhan. Kegiatan ini juga untuk mengingatkan kepada kami untuk terus peduli terhadap sesama yang membutuhkan," kata Raihansyah.

Sementara itu, meski sedang menjalankan ibadah puasa, pegawai setempat tetap bekerja memberikan pelayanan kepada masyarakat. Puasa tidak boleh dianggap menjadi beban atau dalih bagi pegawai untuk mengurangi kinerja.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar