KONI Kalteng sebut Kotim sangat siap jadi tuan rumah Porprov

id KONI Kalteng sebut Kotim sangat siap jadi tuan rumah Porprov,KONI,Porprov,Kotawaringin Timur,Sampit,Hatir Sata Tarigan,Achyar Umar

KONI Kalteng sebut Kotim sangat siap jadi tuan rumah Porprov

Wakil Ketua Bidang Monitoring dan Evaluasi KONI Kalteng Hatir Sata Tarigan (tengah) dan Ketua KONI Kabupaten Kotawaringin Timur H Achyar Umar (kanan) saat memberi keterangan pers di Sampit, Senin (13/5/2019) malam. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalimantan Tengah menilai Kabupaten Kotawaringin Timur sudah sangat siap jika diamanahi menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XII Kalimantan Tengah pada tahun 2022 nanti.

"Jujur saja kami sangat senang melihatnya karena kapasitas yang ada seperti gedung-gedung, melebihi cabang olahraga yang ada. Kami sangat optimis sekali bahwa Kotawaringin Timur sudah siap menjadi tuan rumah Porprov Kalimantan Tengah tahun 2022 nanti," kata Wakil Ketua Bidang Monitoring dan Evaluasi KONI Kalimantan Tengah Hatir Sata Tariga di Sampit, Senin malam.

Hatir bersama beberapa pengurus lain yang tergabung dalam Tim Penjaringan Tuan Rumah Porprov XII Kalimantan Tengah sengaja datang ke Sampit untuk melihat kondisi venue atau fasilitas seluruh cabang olahraga.

Selama dua hari, mereka berkeliling meninjau venue serta sarana pendukung seperti hotel dan lainnya. Tim juga bertemu sejumlah pihak seperti Dinas Pemuda dan Olahraga, DPRD Kotawaringin Timur dan Bupati H Supian Hadi untuk melihat komitmen dan keseriusan pemerintah daerah mendukung perhelatan akbar empat tahunan ini karena penyelenggaraannya akanakan memakan biaya yang tidak sedikit sehingga harus ada kepastian dukungan dari pemerintah daerah.

Hatir menilai, sarana olahraga yang dimiliki Kotawaringin Timur sudah sangat memadai. Sarana pendukung seperti hotel dan penginapan juga dinilai sangat lengkap, jauh dibanding daerah lainnya.

Nantinya ada 29 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam Porprov XII Kalimantan Tengah. Hatir yakin Kotawaringin Timur akan sanggup menyiapkan kebutuhan pelaksanaan semua cabang olahraga, apalagi masih cukup waktu untuk melengkapinya.

Dalam waktu dekat pengurus KONI provinsi akan menggelar rapat membahas masalah ini. Selanjutnya rapat akan digelar dengan KONI seluruh kabupaten/kota sebagai bahah untuk menentukan keputusan.

Hatir sangat yakin Kotawaringin Timur mendapat dukungan semua pihak untuk menjadi tuan rumah Porprov. Apalagi tim mendengar langsung pernyataan Bupati H Supian Hadi bahwa pemerintah daerah siap mendukung semua kebutuhan anggaran yang diperlukan untuk membangun sarana dan prasarana serta anggaran kepanitiaan.

"Memang ada kandidat lain yaitu Kabupaten Kotawaringin Barat, tapi kami melihat mereka tidak serius karena setelah kami kirim surat terakhir dan diberi batas waktu, tapi tidak ada balasan. Mereka memang pernah menyampaikan profil tetapi kami dari panitia penjaringan dasar kerjanya kan adalah administrasi. Kalau ada surat maka kami laksanakan. Perintah dari Ketua Umum KONI Kalimantan Tengah juga kepada kami saat ini hanya untuk meninjau di Kotawaringin Timur," jelas Hatir.

Sementara itu Ketua KONI Kabupaten Kotawaringin Timur H Achyar Umar mengatakan, pihaknya sudah siap jika ditunjuk menjadi tuan rumah Porprov tahun 2022. KONI dan pemerintah daerah mengucapkan terima kasih atas dukungan KONI Kalimantan Tengah.

"Alhamdulillah kami sudah mendapat dukungan dari pemerintah daerah dan DPRD. Saat ini persiapan sudah 85 persen, tinggal pembenahan-pembenahan venue olahraga dan pembangunan yang belum ada yaitu kolam renang. Anggaran sudah disiapkan berapapun yang dibutuhkan oleh panitia Porprov nantinya, pemerintah daerah sudah siap," kata Achyar.

Menurutnya, keinginan menjadi tuan rumah Porprov bukan hanya keinginan KONI Kotawaringin Timur, tetapi juga keingina  masyarakat. Pemerintah daerah juga sangat serius mendukung upaya KONI agar Porprov XII tahun 2022 dilaksanakan di Sampit.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar