Pemkab Barito Timur tingkatkan pembinaan umat beragama

id Pemkab Barito Timur tingkatkan pembinaan umat beragama,Safari Ramadhan,Bupati Barito Timur,Bartim,Ampera AY Mebas

Pemkab Barito Timur tingkatkan pembinaan umat beragama

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas memberikan sambutan saat safari Ramadhan di Masjid Miftahul Ulum Desa Banyu Landas, Kecamatan Benua Lima, Selasa (14/5/2019). (Foto Istimewa)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah berkomitmen terus meningkatkan pembinaan umat beragama karena sangat penting bagi masyarakat dan merupakan salah satu faktor pendukung suksesnya pembangunan daerah.

"Salah satu misi Bupati dan Wakil Bupati Barito Timur periode 2018-2023 yakni pembinaan umat beragama yang sebelumnya juga dilaksanakan pada periode 2013-2018," kata Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas saat melaksanakann safari Ramadhan kedua di Masjid Miftahul Ulum Desa Banyu Landas Kecamatan Benua Lima, Selasa.

Menurut Ampera, pembinaan umat beragama, khususnya untuk umat Muslim, tidak hanya melalui safari Ramadhan. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan setiap tahunnya, di antaranya pemberian dana hibah pembangunan masjid yang tujuannya agar masjid di Kabupaten Barito Timur bisa terpelihara.

Pemanfaatannya diharapkan bisa lebih maksimal dan para pengelola masjid bisa bertugas lebih baik lagi dan dampaaknya bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Setiap Idul Adha juga diadakan pemberian hewan kurban oleh Pemerintah Kabupaten Barito Timur melalui Panitia Hari Besar Islam kepada pengurus masjid atau mushala yang nantinya daging kurban akan dibagikan kepada warga yang berhak menerimanya," kata Ampera.

Pemerintah daerah juga menganggarkan dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk kegiatan pawai takbiran, halal bi halal, tabligh akbar, maulid Nabi Muhammad SAW, Isra Mi'raj dan kegiatan lainnya.

Pelaksanaan agenda tahunan tersebut merupakan upaya dari pemerintah daerah dalam pembinaan umat beragama di kabupaten yang memiliki luas wilayah mencapai 3.438 km persegi.

Ampera juga mengatakan, safari Ramadhan yang dilaksanakannya bertujuan mendekatkan para pejabat pemerintah dan umat Muslim agar tercipta silaturahmi dan komunikasi untuk membangun Barito Timur.

"Melalui Ramadhan tahun ini, masyarakat juga diharapkan bisa melihat atau menjadikannya momentum untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa, terutama di Kabupaten Barito Timur yang memiliki kemajemukan suku dan agama," ungkapnya.

Ampera juga mengajak seluruh tokoh agama, masyarakat, adat dan pemuda untuk membangun kebersamaan dalam bermasyarakat, menjalin tali persaudaraan, saling menghormati, saling menghargai dalam kehidupan bermasyarakat maupun dalam kehidupan beragama sehingga tercipta masyarakat yang rukun dan damai.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar