Lima pendukung sepak bola dilarang masuk seluruh stadion di Swiss

id stadion di Swiss,Lima orang pendukung sepak bola dilarang memasuki seluruh stadion di Swiss,Liga Sepak Bola Swiss

Lima pendukung sepak bola dilarang masuk seluruh stadion di Swiss

Stephan Rietiker, Presiden Grasshopper Club Zurich (REUTERS/ARND WIEGMANN)

Jakarta (ANTARA) - Lima orang pendukung sepak bola dilarang memasuki seluruh stadion di Swiss selama dua sampai lima tahun karena andil mereka dalam kerusuhan Minggu pekan lalu yang memaksa pertandingan antara Lucerne dan Grasshopper Zurich sempat dihentikan.

Liga Sepak Bola Swiss (SFL) juga mengatakan bahwa salah seorang pemain menjadi objek pelecehan rasis dalam insiden itu.

Lucerne menang 4-0 sehingga mengantarkan Grasshopper degradasi setelah 68 tahun menghuni divisi utama ketika beberapa pendukung tim tamu berusaha menyerbu lapangan sehingga memaksa pertandingan dihentikan.

Mereka menuntut pemain-pemain Grasshopper menyerahkan seragam dan kaus kaki mereka karena dianggap tidak pantas memakainya. Sejumlah kostum diserahkan setelah negosiasi dengan pejabat klub.

SFL mengungkapkan dua pendukung yang menyerang seorang pemain Grasshopper telah dihukum bersama tiga pendukung lainnya yang menyerbu masuk lapangan. SFL menyatakan telah mengidentifikasi 57 pendukung yang masuk lapangan dan semuanya sudah dikenai sanksi.

"Yang secara khusus mengejutkan adalah serangan fisik dan verbal kepada pemain berkulit gelap," kata kepala eksekutif SFL Claudius Schaeffer seperti dikutip Reuters. "Kita semua harus serempak bertindak melawan keras pandangan rasis dan segala bentuk diskriminasi."

Grasshopper yang pernah 27 kali menjuarai liga utama Swiss kabarnya menerima nasibnya harus terdegradasi dari divisi utama.