Studi pendahuluan selesai, pembangunan RS tipe A dimulai tahun 2020

id provinsi kalimantan tengah,kalteng,pembangunan rumah sakit di kalteng,rumah sakit tipe a kalteng,biaya membangun rumah sakit tipe a

Studi pendahuluan selesai, pembangunan RS tipe A dimulai tahun 2020

Kepala Bappedalitbang Kalteng Yuren S Bahat. (Foto Antara Kalteng / Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah optimis pembangunan rumah sakit tipe A di provinsi ini dimulai tahun 2020, karena studi pendahuluan menjadi tahap awal untuk membangun telah selesai dan naik ke tahap outline business case.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kalteng Yuren S Bahat di Palangka Raya, Rabu, mengatakan outline business case itu tahap menjelaskan secara rinci cakupan biaya, keterjangkauan, resiko, rute pengadaan hingga jadwal proyek terhadap pembangunan RS tipe-A.

"Tahapanya membangun RS tipe-A itu memang banyak sekali. Tapi, kami berusaha keras dan menargetkan di triwulan I tahun 2019 sudah terjadi transaksi atau tender terhadap pembangunan RS itu," beber dia.

Dikatakan, biaya untuk membangun RS tipe-A di Provinsi Kalteng rencananya tidak menggunakan anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), melainkan sistem Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Yuren mengatakan KPBU itulah yang membuat perlu dilakukan studi pendahuluan, dan outline business case. Setelah selesai outline business case itu, akan dilanjutkan dengan final business case.

"Kementerian Keuangan rencanan akan ikut membantu menyelesaikan tahap final business case. Melihat proses itu, kami optimis pembangunan rumah sakit tipe-A akan dimulai tahun 2020," kata Yuren.

Hal senada juga diucapkan Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdaprov Kalteng Nurul Edy. Sebab, pihaknya juga salah satu pihak yang turut terlibat dalam setiap proses perencanaan pembangunan rumah sakit tipe-A itu.

"Melihat progresnya hingga saat ini, kami optimis bahwa kerjasama dengan pihak ketiga tersebut dapat segera disepakati. Tahun 2020 mendatang, rumah sakit tersebut sudah mulai dibangun," kata Edy.

Dia menegaskan bahwa pembangunan RS tipe-A tersebut merupakan upaya Pemerintah Provinsi Kalteng dalam mempercepat dan memaksimalkan sarana prasarana pelayanan dasar masyarakat di daerah ini, terutama di sektor kesehatan.

"Kami berharap masyarakat mendoakan agar seluruh proses dan tahapan pembangunan RS tipe-A itu tidak ada halangan. RS tipe-A itu kan sangat dibutuhkan dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," demikian Edy.

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar