Disdukcapil Kotim ingatkan pendatang segera memutasi administrasi kependudukan

id Disdukcapil Kotim ingatkan pendatang segera memutasi administrasi kependudukan,Kotawaringin Timur,Sampit,Dinas kependudukan dan pencatatan sipil,Agus

Disdukcapil Kotim ingatkan pendatang segera memutasi administrasi kependudukan

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotawaringin Timur Agus Tripurna Tangkasiang. (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengingatkan pendatang yang berencana menetap di daerah ini untuk segera memutasi administrasi kependudukan sesuai aturan.

"Diharapkan kepada para pendatang baru yang akan bekerja menetap di Kabupaten Kotawaringin Timur diharapkan untuk dapat memutasi administrasi kependudukan dari tempat asal ke Kotawaringin Timur agar tidak menjadi beban di kemudian hari," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotawaringin Timur Agus Tripurna Tangkasiang di Sampit, Jumat.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kotawaringin Timur terus melakukan berbagai langkah untuk membenahi administrasi kependudukan di daerah ini. Pelayanan kepada masyarakat juga ditingkatkan dengan mempermudah dan menyederhanakan persyaratan sehingga makin banyak warga yang sadar untuk mengurus administrasi kependudukan.

Diperlukan kerja keras untuk membenahi administrasi kependudukan Kotawaringin Timur yang memiliki jumlah penduduk terbanyak di Kalimantan Tengah. Data hingga akhir April lalu, Kotawaringin Timur dihuni 120.052 kepala keluarga dengan 411.850 jiwa.

Pertumbuhan ekonomi yang cukup baik membuat kabupaten ini menarik perhatian pencari kerja. Fenomena tahunan yang terjadi, biasanya pencari kerja berdatangan ke Kotawaringin Timur saat arus balik lebaran Idul Fitri.

Pencari kerja dari luar daerah seperti Pulau Jawa, Nusa Tenggara dan Sumatera, tertarik mencari pekerjaan ke Kotawaringin Timur karena melihat kerabat atau rekan mereka yang sudah lebih dulu bekerja di kabupaten ini dan kehidupannya dinilai menjadi lebih baik.

Harapan itulah yang membuat Kotawaringin Timur setiap tahun kedatangan banyak pencari kerja. Bahkan terkadang ada yang nekat datang padahal belum jelas perusahaan yang akan dituju sehingga tidak jarang mereka akhirnya telantar dan minta bantuan pemerintah daerah untuk dipulangkan ke kampung halaman.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyoroti fenomena tahunan itu dari sisi kependudukan. Ini sesuai harapan pemerintah agar setiap penduduk terdata dengan baik.

"Akan kami bantu dengan pelayanan yang tidak terlalu lama asal sudah membawa surat pindah dari Disdukcapil kabupaten atau kota asal. Apabila juga belum membawa surat pindah, maka dapat kami bantu pengusulan pindah secara online dari Disdukcapil Kabupaten Kotawaringin Timur," jelas Agus.

Pengurusan administrasi kependudukan sangat penting bagi setiap penduduk. Seperti halnya kepemilikan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik, kini dibutuhkan hampir dalam setiap urusan. Jika belum memilikinya, maka warga akan terkendala dalam pelayanan seperti jaminan kesehatan, hak politik saat pemilu dan lainnya.