Barito Utara jual 1.050 sembako murah di tiga Kecamatan

id pasar mura ramadhan barito utara,pasar murah 2019,pasar murah barut

Barito Utara jual 1.050  sembako murah di tiga Kecamatan

Warga membeli paket sembako paa operasi pasar murah Ramadhan di Desa Sei Rahayu Kecamatan Teweh Tengah pada 2018 lalu. (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, dijadwalkan mulai 20 Mei 2019 menggelar pasar murah Ramdhan 2019 bagi warga yang kurang mampu dalam menghadapi hari besar keagamaan ditiga dari sembilan kecamatan di kabupaten tersebut dengan menjual sebanyak 1.050 paket sembako.

"Kegiatan pasar murah ini untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam menghadapi Hari Raya Idul Fitri," kata Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Barito Utara Hajranor di Muara Teweh, Minggu.

Pasar murah yang dilaksanakan yakni di Desa Bukit Sawit Kecamatan Teweh Selatan pada Senin (20/5) dan Desa Sikui Kecamatan Teweh Baru pada Kamis (23/5) kedua tempat ini menggunakan dana dari APBD Kabupaten sedangkan di Dusun Parangkampeng Kecamatan Teweh Tengah pada Senin (27/5) merupakan bantuan dari APBN melalui Pemprov Kalteng masing-masing dijual 350 paket. 

"Kami harapkan agar pasar murah ini benar-benar tersalurkan kepada orang-orang yang kurang mampu, pihaknya akan melayani bagi yang memiliki kupon yang telah dibagikan sebelum dilaksanakannya pasar murah melalui RT dan kepala desa masing-masing," katanya.

Dia mengatakan, dalam pembagian kupon tersebut dengan melibatkan melalui RT-RT yang lebih mengetahui keadaan masyarakat yang ada dilingkungannya masing-masing, apakah benar termasuk masyarakat tidak mampu atau tidak. 

"Di samping itu kita juga akan melibatkan Camat, yang selanjutnya dari Camat ke Lurah sampai ke RT, dalam pembagian kupon ini," ujarnya.

Dalam pelaksanaan pasar murah ini juga pemerintah memberikan subsidi kepada warga yakni paket sembako dijual seharga Rp100.000, sementara harga yang dipasaran antara Rp145.000 sampai Rp148 ribu/paket.

"Sembako murah ini diantaranya gula, minyak goreng, bawang merah, bawang putih, mie instan, sirup, kopi dan susu kaleng," ujarnya.