Tujuh pos dibangun untuk awasi jalur mudik di Bartim

id Pemkab bartim, polres bartim, zulham effendy, bulan ramadhan, arus mudik lebaran, pos pengamanan dan pantau

Tujuh pos dibangun untuk awasi jalur mudik di Bartim

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy SIK MH. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Kapolres Barito Timur, Kalimantan Tengah AKBP Zulham Effendy mengatakan, guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi masyarakat yang mudik Lebaran, dalam waktu dekat pihaknya akan membangun sejumlah pos.

"Saat ini sedang dalam tahap perencanaan dan rencananya ada sebanyak tujuh pos yang kami bangun. Terdiri dari pos pantau dan pengamanan," katanya di Tamiang Layang, Minggu.

Pos pantau dan pengamanan yang akan dibangun, merupakan bentuk kepedulian polisi dalam mengamankan jalur mudik tahun 2019 di wilayah Bartim, meliputi Kecamatan Pematang Karau, Raren Batuah hingga Benua Lima.

Pemudik yang kelelahan saat melakukan perjalanan, bisa beristirahat pada pos yang dibangun tersebut. Hal itu juga bertujuan untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan lalu lintas akibat kelelahan.

Selain mengamankan jalur mudik, anggota polisi juga dikerahkan untuk mengamankan beberapa tempat objek wisata yang diperkirakan, ramai dikunjungi warga saat masa libur Lebaran 1440 hijriah mendatang.

"Ada beberapa tempat yang mungkin ramai dikunjungi saat Lebaran, seperti rumah betang ataupun air terjun. Untuk itu kami akan melakukan pengamanan secara menyeluruh," tegasnya.

Taruna Akpol dari Batalion Sanika Satyawadha itu juga meminta kepada warga yang mudik saat Lebaran, agar benar-benar memerhatikan serta memastikan kondisi rumah seperti jendela, pintu maupun kabel listrik dalam posisi terkunci dan aman.

Selain itu, koordinasikan dan informasikan kepada tetangga dan ketua rukun tetangga setempat, tentang rencana mudik yang ingin dilakukan. Bahkan jika berkenan laporkan kepada pihak kepolisian, agar kegiatan patroli di wilayah sekitar bisa ditingkatkan.

Agar semua kegiatan pengamanan bisa dilaksanakan secara maksimal, pihaknya juga akan menggelar upacara gelar pasukan Ops Telabang Ketupat 2019 untuk memantapkan penempatan anggota yang bertugas.

"Semua yang kami lakukan untuk kenyamanan dan keamanan masyarakat, mulai dari melaksanakan ibadah selama bulan Ramadhan hingga merayakan Lebaran," papar Zulham.

Ia juga mengajak seluruh lapisan masyarakat di Bartim, untuk hadir dan mengikuti buka puasa bersama Polres Bartim yang akan dilaksanakan di Masjid Al Harist pada 23 Mei 2019 mendatang.