Wabup minta pembangun desa di Bartim harus berkualitas

id kabupaten barito timur,bartim,wakil bupati bartim,Habib Said Abdul Saleh,tim inovasi desa bartim

Wabup minta pembangun desa di Bartim harus berkualitas

Wakil Bupati Barito Timur Habib Said Abdul Saleh memberikan sambutan di acara rapat koordinasi tim inovasi kabupaten terkait program inovasi desa di Tamiang Layang, Senin. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Wakil Bupati Barito Timur, Provinsi Kalimantan Tengah Habib Said Abdul Saleh meminta tim inovasi kabupaten setempat dalam menyusun konsep pembangunan desa, harus memperhatikan berkualitas dan berkelanjutan agar hasilnya benar-benar dirasakan serta dinikmati oleh masyarakat.

Inovasi dalam melakukan pembangunan desa pun harus dipikirkan dengan tetap memperhatikan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa, kata Saleh usai membuka rapat koordinasi tim inovasi kabupaten Barito Timur terkait program inovasi desa di Tamiang Layang, Senin.

"Seperti kita ketahui bersama, kehadiran program inovasi desa merupakan upaya mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan dana desa, dan tetap memberikan ruang inovasi pembangunan di desa itu sendiri," tambahnya.

Menurut dia, program inovasi desa sangat membantu dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan pembangunan di desa secara berkualitas. Pembangunan yang berkualitas dapat meningkatkan produktivitas masyarakat dan perkembangan ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya manusia yang memiliki daya saing.

Shaleh mengatakan rapat kordinasi ini sekaligus untuk memfasilitasi peran pendamping dalam pengembangan potensi ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia serta infrastruktur desa sehingga secara tidak langsung menggerakkan perekonomian masyarakat di desa.

"Saya berharap tim inovasi desa Kabupaten Barsel yang hadir dalam rapat koordinasi ini, hadir bisa mengikuti semua kegiatan dan memahani maksud, tujuan dan inti sari yang disampaikan narasumber," ucapnya.

Kedepannya, ilmu pengetahuan tentang inovasi desa bisa diterapkan di desa masing-masing dengan pengelolaan Dana Desa secara profesional dan proporsional demi kemajuan desa yang produktif.

"Sangat diharapkan sekali bagi yang hadir agar bisa memahami materi untuk  menunjang tugas dan tanggungjawab bapak dan ibu semuanya yang hadir saat ini," kata orang nomor dua di Pemerintah Kabupaten Barito Timur itu.

Dalam rapat kordinasi diisi beberapa dialog komunikasi dari pemateri dan narasumber mulai evaluasi bursa inovasi desa tahun 2018, simulasi bursa inovasi desa, sosialisasi program inovasi desa, pembahasan alokasi dana bantuan pemerintah melalui program inovasi desa 2019 diserta laporan pertanggungjawabannya.

Selain itu, kegiatan rapat kordinasi juga diisi konvergensi penanganan stunting dan layanan pendidikan anak usia dini dalam penanganan stunting.