Cara atasi wasir secara alami, diet serat hingga hindari makanan pedas

id wasir,atasi wasri secara alami,Cara atasi wasir secara alami, diet serat hingga hindari makanan pedas

Cara atasi wasir secara alami, diet serat hingga hindari makanan pedas

Ilustrasi Wasir (pixabay.com)

Jakarta (ANTARA) - Wasir pada dasarnya benjolan yang muncul di anus atau ujung rektum. Saat kondisinya meradang, biasanya akan muncul rasa gatal, lendir hingga darah yang menganggu kerja usus.

Sebelum memilih tindakan operasi, ada sejumlah cara alami untuk menyembuhkan wasir. Berikut di antaranya, seperti dilansir Medical Daily:

1. Diet tinggi serat

Menurut Dr Axe, untuk mencegah penumpukan feses yang keras dan sembelit, seseorang harus mengikuti diet sehat mengandung makanan berserat tinggi.

Asupan serat harian yang direkomendasikan 30-35 gram per hari. Sejumlah makanan mengandung serat yang bisa menjadi pilihan antara lain alpukat, kacang-kacangan, kubis Brussel, lentil.

Baca juga: Cara atasi wasir tanpa operasi potong benjolan

Sebuah penelitian yang diterbitkan Perpustakaan Kedokteran Nasional Amerika Serikat mengklaim cara ini mengurangi gejala wasir seperti pendarahan hingga 50 persen.

2. Cairan

Minum air dalam jumlah yang cukup juga mencegah sembelit menurut penelitian yang diterbitkan European Journal of Clinical Nutrition.

Asupan cairan yang cukup memungkinkan serat yang bergerak lancar melalui sistem pencernaan. Dosis yang disarankan adalah minum setidaknya satu gelas per makanan dan atau camilan setiap hari.

3. Hindari makanan pedas dan alkohol

Alkohol bisa membuat tubuh dehidrasi yang mempengaruhi sistem pencernaan. Minuman ini juga memperburuk gejala wasir. Demikian pula dengan makanan pedas.

Baca juga: Pola makan yang bisa sebabkan wasir

4. Hindari mengejan

Mengejan ketika buang air besar adalah salah satu penyebab wasir. Jika Anda mengalami konstipasi, buang air besar mungkin terasa menyakitkan dan semakin tak nyaman bila Anda mengalami wasir yang meradang. Setiap kali Anda merasa ingin buang air besar, jangan tunda. Kalau tidak, feses Anda akan mengeras.

Baca juga: Kurang makan sayur sebabkan wasir