Pemkab Bartim sumbang Rp300 juta benahi Masjid Al Harist

id kabupaten barito timur,bartim,bupati bartim,ampera ay mebas,dana hibah bartim

Pemkab Bartim sumbang Rp300 juta benahi Masjid Al Harist

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas memberikan sambutan saat safari Ramadhan di Masjid Al Harist Polres Bartim, kemarin. (Foto Antara Kalteng/Habibullah)

Tamiang Layang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Timur, Kalimantan Tengah menyalurkan dana hibah sebesar Rp300 juta dari anggaran pendapatan dan belanja daerah tahun 2019, untuk membenahi Masjid Al Harist yang berada di komplek Polres setempat.

Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Jumat, menggatakan dana hibah tersebut merupakan kegiatan program bantuan rumah ibadah, yang harusnya disalurkan pada tahun sebelumnya, namun baru tahun ini direalisasikan.

"Mudah-Mudahan dengan adanya dana hibah tersebut, Masjid Al Harist bisa lebih baik lagi dan memberikan banyak manfaat bagi pengguna, baik untuk beristirahat maupun ibadah sholat," ucapnya.

Dikatakan, dana hibah untuk rumah ibadah diperuntukkan untuk program pembangunan dan pengembangan Masjid sehingga bisa meningkatkan iman dan taqwa masyarakat Bartim.

Baca juga: DPRD dukung rencana aksi Pemkab Bartim tangani stunting

Dia mengatakan jika masjid yang sudah dibantu sudah baik, maka pemerintah daerah akan memberikan bantuan kepada masjid yang belum mendapatkannya dan memerlukan bantuan dana pembangunan. Sama halnya dengan bantuan hewan kurban dari pemerintah daerah yang dianggarkan sebesar Rp1 miliar melalui APBD setiap tahunnya.

"Jika ada pihak panitia masjid yang sudah mampu melaksanakan ibadah kurban maka pemerintah daerah akan membantu hewan kurban pada masjid yang belum mampu," singkat Ampera.

Sementara itu, Kapolres Barito Timur AKBP Zulhan Effendy mengatakan dana bantuan dari Pemkab setempat akan dipergunakan sebaik-baiknya untuk pembangunan Masjid Al Harist.

Baca juga: Polres Bartim temui sejumlah tokoh agama sampaikan situasi di Jakarta

"Saat ini sedang dilakukan renovasi dan jika dana bantuan pemerintah bisa diproses maka akan dipergunakan untuk renovasi masjid, halaman dan kamar kecil," ungkap Zulham.

Ditambahkan Zulham, jarak terdekat masjid setelah Masjid Al Harist yakni di Desa Tampa Kecamatan Paku dengan jarak 20 kilometer. Oleh karena itu, Masjid Al Harist menjadi tempat ibadah sekaligus peristirahatan warga.

Baca juga: Tangani stunting, Pemkab Bartim konvergensikan program 12 OPD