KNPI Kotim ajak pemuda jadi teladan pemersatu

id KNPI Kotim ajak pemuda jadi teladan pemersatu,KNPI,OKP,Organisasi kepemudaan,Pemuda ,Endra rosana,Kotawaringin Timur,Sampit

KNPI Kotim ajak pemuda jadi teladan pemersatu

Suasana buka puasa bersama KNPI Kotawaringin Timur bersama organisasi kepemudaan setempat, Jumat (24/5/2019). (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah mengajak pemuda di daerah itu menjadi teladan pemersatu di tengah berbagai bentuk ancaman disintegrasi bangsa saat ini.

"Pemuda harus berperan serta menjaga situasi daerah dan bangsa ini agar tetap kondusif. Pemuda harus memberi teladan pemersatu untuk mengajak masyarakat menjaga persatuan dan kesatuan agar daerah tetap aman dan kondusif," kata Ketua KNPI Kotawaringin Timur Endra Rosana di Sampit, Jumat malam.

Harapan itu disampaikan Endra di sela acara buka puasa bersama dengan organisasi kepemudaan (OKP) sekaligus memperingati Hari Kebangkitan Nasional. Sebelumnya acara diawali dengan pembagian takjil atau makanan berbuka puasa kepada warga yang melintas di depan Sekretariat KNPI di simpang empat Jalan Yos Sudarso-Achmad Yani Sampit.

Meningkatnya suhu politik nasional disusul kericuhan yang menimbulkan korban jiwa di Jakarta, tidak luput dari sorotan KNPI Kotawaringin Timur. Mereka mengaku prihatin munculnya insiden tersebut, apalagi sampai menimbulkan korban jiwa.

Endra berharap konflik serupa tidak sampai terjadi di Kotawaringin Timur. Kisruh di tingkat pusat jangan sampai ditarik ke daerah karena bisa mengganggu situasi Kotawaringin Timur yang sudah kondusif.

Untuk itu Endra mengajak seluruh masyarakat, khususnya pemuda di daerah ini untuk memperkuat persatuan dan kesatuan. Pemuda harus memberikan contoh yang baik kepada masyarakat dalam meningkatkan persatuan dan kesatuan.

Tidak hanya di dunia nyata, pemuda juga diimbau menjaga situasi daerah dengan lebih bijak dalam berinteraksi di dunia maya, khususnya dalam menggunakan media sosial. Pemuda jangan mudah terprovokasi dan jangan memprovokasi masyarakat karena bisa menimbulkan gangguan terhadap situasi daerah yang kondusif ini.

KNPI dan seluruh organisasi kepemudaan harus turut serta membantu memberikan pemahaman dan teladan kepada masyarakat dalam melawan hoaks atau kabar bohong, ujaran kebencian, fitnah, adu domba dan bentuk-bentuk lain yang bisa memicu perpecahan.

Perbedaan politik, suku, agama, ras dan antargolongan tidak seharusnya dipermasalahkan, apalagi sampai menimbulkan permusuhan. Endra mengaku bangga karena masyarakat Kotawaringin Timur sangat memahami potensi gangguan itu dan menghindarinya sehingga situasi daerah hingga kini tetap kondusif.

"Suasana seperti ini harus kita pelihara dan tingkatkan. Kita sebagai pemuda mempunyai tanggung jawab besar untuk berperan mewujudkan tujuan itu supaya situasi daerah dan bangsa pascapemilu ini tetap aman dan kondusif," harap Endra.

Sementara itu menjelang Musyawarah Daerah XIV KNPI Kotawaringin Timur, Endra mengajak seluruh pengurus KNPI dan organisasi kepemudaan untuk bersama-sama menyukseskan acara tersebut. Siapapun yang terpilih menjadi pengurus nantinya, KNPI Kotawaringin Timur harus selalu kompak dan solid sehingga dapat meningkatkan peran di tengah masyarakat, terlebih dalam mendorong kemajuan dan kemandirian pemuda.

"Kami mengimbau seluruh OKP untuk melengkapi administrasi kepengurusan apabila ingin berhimpun di KNPI dengan harapan dapat kemudahan-kemudahan khususnya akses anggaran untuk pengembangan organisasi," demikian Endra.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar