Menhub puji kesiapan penyelenggaraan arus mudik Pelabuhan Panglima Utar

id Menhub puji kesiapan penyelenggaraan arus mudik di Pelabuhan Panglima Utar,Menteri perhubungan,Budi Karya Sumadi,Menhub,Pelabuhan Panglima Utar,Arus m

Menhub Budi Karya Sumadi berbincang dengan salah satu pemudik di Pelabuhan Panglima Utar, Sabtu (25/5/2019) sore. (Foto Antara Kalteng/Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memuji kesiapan penyelenggaraan arus mudik di Pelabuhan Panglima Utar Kabupaten Kotawaringin Barat Kalimantan Tengah, khususnya fasilitas pelabuhan yang kini memiliki gedung terminal baru.

"Informasinya, banyak sekali warga Kotawaringin Barat yang pulang kampung, terutama ke provinsi Jawa Tengah. Oleh karena itu saya datang untuk memastikan dan meninjau fasilitas di sini. Kalau saya lihat pelabuhan di sini bagus sekali, sama seperti bandara," ucap Budi saat mengunjungi Pelabuhan Panglima Utar, Sabtu sore.

Budi menilai, jika dibandingkan dengan pelabuhan di Batam, kondisi fasilitas di Pelabuhan Panglima Utar lebih baik. Terminal pelabuhan ini cukup representatif dan memiliki pendingin ruangan, mirip fasilitas di bandara.

Pelabuhan Panglima Utar masuk daftar 10 pelabuhan dengan arus mudik paling tinggi di Indonesia. Perbaikan dan peningkatan fasilitas di pelabuhan ini yang dilakukan Pelindo III Cabang Kumai, dinilai sangat baik dan sangat dirasakan manfaatnya.

"Tahun lalu waktu saya berkunjung ke sini, kondisi di sini masih menggunakan terminal sementara, karena sedang ada renovasi pada terminal yang ada, dan tahun ini terminal tersebut sudah bisa dimanfaatkan dan sangat nyaman sekali, ber-AC (pendingin ruangan) pula," ucap Budi.

Meski memuji persiapan yang dinilai cukup baik, Budi tetap mengingatkan semua pihak tetap waspada agar penyelenggaraan arus mudik berjalan aman dan lancar. Tidak boleh ada tindakan-tindakan yang dapat mengancam keamanan pemudik.

Menhub Budi Karya Sumadi disambut prosesi adat tampung tawar saat tiba di Pangkalan Bun. (Foto Antara Kalteng/Hendri Gunawan)

Budi Karya juga berpesan agar penyedia jasa angkutan lebaran agar lebih mengedepankan aspek keselamatan dan kenyamanan. Keselamatan pemudik harus menjadi prioritas dalam setiap keberangkatan kapal.

"Jumlah penumpang tidak boleh melebihi dari dispensasi yang dikeluarkan oleh Kemenhub sebab hal itu berkaitan langsung dengan keselamatan penumpang," ucapnya.

Sementara itu, dalam kunjungannya kali ini, Menhub didampingi Bupati Kotawaringin Barat Hj Nurhidayah, Ketua DPRD Triyanto serta anggota DPR RI Rahmat Nasution Hamka.

Selain meninjau Pelabuhan Panglima Utar, Budi beserta rombongan juga meninjau kondisi kesiapan pelayanan arus mudik di Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Dia mengapresiasi persiapan dan koordinasi semua instansi terkait dalam mempersiapkan penyelenggaraan arus mudik lebaran 1440 Hijriah.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar