Pemkab Barito Utara mulai perbaiki puluhan jembatan rusak

id perbaikan jembatan di barito utara,jembatan gunung timang ,camat gunung timang,dinas pupr barito utara,jembatan barito utara

Pemkab Barito Utara mulai perbaiki puluhan jembatan rusak

Camat Gunung Timang Syahmiludin Surapati (kiri) mengecek pekerjaan perbaikan jembatan di wilayah kecamatannya. (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) -

Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mulai 2019 ini memperbaiki puluhan jembatan yang kondisi rusak terutama yang menghubungkan sejumlah desa di wilayah Kecamatan Gunung Timang dan kecamatan lainnya.



"Tahun ini  dialokasikan sebesar Rp6,5 miliar untuk perbaikan jembatan baik dilakukan secara menyeluruh maupun rehab dengan konstruksi balok baja WF," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Barito Utara Fery Kusmiadi melalui Kabid Bina Marga Zainudin di Muara Teweh, Senin 



Menurut dia, jembatan yang dikerjakan ini untuk ruas jalan Desa Kandui - Tongka ada 16 buah dengan panjang keseluruhan 305 meter, jembatan Desa Tongka - Batu Raya ada 13 buah panjang 173 meter serta Kandui - Ketapang  12 buah panjang keseluruhan 140 meter.



Pekerjaan jembatan tahun ini, kata dia, dilakukan secara bertahap yakni 50 persen dari masing-masing ruas yang dikerjakan secara swakelola dialokasikan Rp2,9 miliar, untuk reguler pekerjaan jembatan Kandui - Tongka dan Kandui - Ketapang masing-masing Rp1,7 miliar.



"Kita targetkan seluruh jembatan ini tuntas dibangun tahun depan," kata Zainudin didampingi Kasi Pemeliharaan  Jalan dan Jembatan Rody.



Sementara Camat Gunung Timang Syahmiludi Surapati mengakui sekitar 34 jembatan konstruksi kayu di wilayahnya segera diganti karena kondisinya berusia tua dan rusak. Jembatan itu umumnya dibangun pada era 90-an, saat itu Bupati Barito Utara dijabat oleh HA Dj Nihin.



"Saat ini pekerjaan sudah dimulai dibeberapa titik yang memang memerlukan perhatian," kata dia.



Jembatan ulin yang mulai diganti dengan jembatan konstruksi baja beton, antara lain jembatan Sungai Japus di Desa Kandui, jembatan di Desa Payang Ara, dan jembatan di Desa Sangkorang. Pergantian konstruksi jembatan berlangsung selama 2019 dan 2020.



"Masyarakat Gunung Timang mengapresiasi komitmen Pemkab Barito Utara untuk kemajuan pembangunan di wilayahnya. Ini bakal menunjang kelancaran akses transportasi darat dibelasan desa, sehingga berdampak pada pengembangan ekonomi," ujar Syahmiludin.