Bupati Nadalsyah berbuka puasa di perjalanan

id bupati barito utara,bupati buka di perjalanan ,bupati nadalsyah

Bupati Nadalsyah berbuka puasa di perjalanan

Bupati H Nadalsyah (kiri) duduk di jembatan sedang menikmati menu berbuka puasa yang dilakukan dalam perjalanan pulang ke Muara Teweh di kawasan Desa Tabak Kanilan, Selasa (28/5/2019) sore. (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Tabak Kanilan (ANTARA) - Bupati Barito Utara H Nadalsyah bersama sejumlah rombongan yang melakukan perjalanan dari Palangka Raya menuju Muara Teweh Kabupaten Barito Utara, menanti waktu berbuka puasa  di tengah perjalanan  antara Buntok Kabupaten Barito Selatan ke Muara Teweh, Selasa sore.

Rombongan berbuka puasa di pinggiran jalan di kawasan hutan wilayah Desa Tabak Kanilan, Barito Selatan setelah menghadiri acara pelantikan dan pengambilan sumpah Bupati Gunung Mas periode 2019-2024  Jaya S Monong dan Wakil Bupati Efrensia LP Umbing yang dilantik oleh Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran di Istana Isen Mulang Palangka Raya.

"Tugas dan pekerjaan bukan menjadi halangan untuk menjalankan ibadah puasa,  tanpa terkecuali dan memandang status serta derajat manusia, yang kesemua memiliki derajat yang sama yang telah Allah SWT berikan kepada setiap insan manusia maupun mahluk tuhan lainnya," kata Nadalsyah saat menanti waktu berbuka puasa di jalan tersebut. 

Menurut dia, walau dalam sebuah perjalanan panjang yang melelahkan sebagai bagian dari melaksanakan tugas dan tanggung jawab, ibadah bukanlah sesuatu yang menjadi penghalang untuk tetap dijalankan, terlebih lagi dalam melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan maqfirah. 

Memaknai bahwa nilai sebuah ibadah yang dijalankan oleh seseorang akan menjadi tolok ukur dan cerminan tentang diri seseorang yang salah satunya adalah pengendalian emosional diri sebagai bagian dari nafsu yang dimiliki oleh manusia. 

"Pengendalian tersebut menjadi penting ketika kita sebagai aparatur penyelenggara pemerintah memiliki peran dan tugas melayani masyarakat secara baik dan benar tanpa ada sebuah pamrih ataupun pengharapan suatu imbalan atas sebuah tugas yang dijalankan, semata-mata semuanya dilakukan sebagai wujud tanggung jawab dan pengabdian dalam melayani masyarakat," kata dia. 

Berbuka puasa bersama di tengah perjalanan seperti yang dilakukan saat ini, memberikan arti dan makna yang sangat dalam untuk dirasa, disaat umat muslim tengah menjalankan ibadah puasa yang merupakan perintah wajib dari Allah SWT untuk dilaksanakan oleh setiap orang yang telah mampu menjalankannya sesuai syarat dan ketentuan rukun dan hukum puasa. 

"Saya merasa bangga dapat menikmati rejeki yang Allah SWT berikan kepada kami dalam bentuk kami melaksanakan buka puasa bersama di tengah-tengah perjalanan yang sangat sederhana dan nikmat ini, sebagai sebuah berkah dan ridho yang kami dapatkan walau dengan kesederhanaan," ucap Nadalsyah. 

Lebih lanjut, H. Nadalsyah mengatakan bahwa dengan begini, kami dapat merasakan apa yang dialami oleh umat muslim dalam menjalankan ibadah yang kesemuanya karena ridho Allah Ta'alla, sebagaimana yang Allah SWT katakan dalam Al Qur'an Surah Al- Baqarah ayat 183 yang artinya "Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," ucap Bupati Nadalsyah diakhir penyampaiannya.