Belasan ribu pemudik sudah berangkat melalui Pelabuhan Panglima Utar

id Pemkab kobar, pemerintah kabupaten kotawaringin barat, arus mudik, kapal laut, jalur laut, pelabuhan panglima utar, kumai, pangkalan bun, ramadhan, ha

Suasana di Pelabuhan Panglima Utar Kabupaten Kotawaringin Barat. (Foto Antara Kalteng/Hendri Gunawan)

Pangkalan Bun (ANTARA) - Belasan ribu pemudik sudah berangkat melalui Pelabuhan Panglima Utar Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Terhitung sejak 21-31 Mei 2019 atau sejak H-15 hingga H-5 Lebaran sudah ada sebanyak 13.450 pemudik yang berangkat melalui pelabuhan ini," kata Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kumai Wahyu Prihanto di Pangkalan Bun, Jumat.

Jumlah itu belum termasuk penumpang yang berangkat pada hari ini menggunakan KMP Kalibodri yang berlayar menuju Kota Kendal, Jawa Tengah. Mendekati Lebaran jumlah pemudik terus mengalami penambahan.

Berdasarkan hitungan jumlah keberangkatan kapal, data jumlah kapasitas penumpang serta dispensasi jumlah penumpang yang didapat oleh setiap kapal dalam sekali keberangkatan sejak 22 Mei hingga 3 Juni 2019 mendatang, diperkirakan ada sebanyak 26.576 pemudik yang bisa diberangkatkan.

Namun bila berkaca pada tabel data realisasi keberangkatan angkutan Lebaran tahun ini, kemungkinan hanya ada 22-24 ribu jiwa yang meninggalkan Kobar, ditambah lagi masih ada sekitar dua ribu lebih tiket kapal yang belum terjual.

"Jika jumlah pemudik yang sudah berangkat sebanyak 13.450 orang, maka untuk kedatangan hingga saat ini sudah ada sebanyak 1.745 orang," jelasnya kepada Antara Kalteng.

Kepala Cabang Pelni Pangkalan Bun Isdwisanto mengatakan, jika ditotalkan sejak H-15 hingga H-6, ada ratusan tiket yang tak terjual.

Kemudian ada ratusan tiket pada H-4 hingga H-2 yang belum terjual serta masih ada sekitar seribu lebih tiket yang belum terjual untuk keberangkatan pada 5 Juni atau saat Lebaran dan 6 Juni 2019.

"Saat Lebaran ada KM Egon tujuan Semarang, Jawa Tengah dengan kapasitas 900 penumpang, hingga hari ini baru terjual 100 lebih tiket. Untuk 6 Juni 2019 ada KM Kalimutu dengan kapasitas 1.602 penumpang dan tiketnya baru terjual 200 lebih," ucap Isdwisanto.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar