TNI-Polri unjuk kekompakan di Hari Lahir Pancasila

id TNI-Polri unjuk kekompakan di Hari Lahir Pancasila,Pancasila,Polres kotim,Kodim 1015 Sampit,Mohammad rommel,Sumarlin Marzuki

TNI-Polri unjuk kekompakan di Hari Lahir Pancasila

Dandim 1015 Sampit Letkol Inf Sumarlin Marzuki menjadi inspektur upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di halaman Markas Polres Kotim, Sabtu (1/6/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Jajaran Polres Kotawaringin Timur dan Kodim 1015 Sampit Kalimantan Tengah unjuk kekompakan saat peringatan Hari Lahir Pancasila 2019 dengan menggelar apel gabungan.

"Ini bentuk sinergitas TNI-Polri, khususnya kami di Kotawaringin Timur. Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa kami solid dan harapan kami masyarakat juga bersatu karena kita Indonesia dan kita Pancasila," kata Kapolres AKBP Mohammad Rommel di Sampit, Sabtu.

Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar di Markas Polres Kotawaringin Timur diikuti TNI, Polri,  Brimob Polda, Satuan Polisi Pamong Praja, Palang Merah Indonesia dan lainnya.

Meski pelaksanaannya di Markas Polres Kotawaringin Timur namun yang menjadi inspektur upacara adalah Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Inf Sumarlin Marzuki, sementara Rommel dan perwira lainnya turut menjadi peserta.

Kegiatan gabungan seperti ini bukan hal aneh di Kotawaringin Timur. Selama ini jajaran TNI dan Polri di kabupaten ini memang sangat kompak dan sering menggelar kegiatan bersama.

Unjuk kekompakan itu sebagai salah satu upaya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga persatuan dan kesatuan. Sinergitas TNI-Polri diharapkan menjadi contoh bagi masyarakat Kotawaringin Timur sehingga bisa selalu menjaga kerukunan dan kedamaian.

Terkait peringatan Hari Lahir Pancasila, menurut Rommel, hal ini sangat penting untuk kembali mengingatkan masyarakat bahwa ideologi negara ini adalah Pancasila. Penyadaran ini menjadi sangat penting di tengah ancaman rongrongan pihak-pihak tertentu terhadap ideologi negara ini.

"Pancasila adalah satu-satunya ideologi di negara ini. Kita semua harus tetap dan selalu bersatu di bawah ideologi itu," tegas Rommel.

Sementara itu, Komandan Kodim 1015 Sampit Letkol Inf Sumarlin Marzuki selaku inspektur upacar membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila.

Beberapa hal yang ditekankan di antaranya Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa Indonesia.

Diakui, bangsa ini belum sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, namun eksistensi keindonesiaan, baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila.