Optimalkan pos pelayanan di jalur mudik, kata Satlantas Polres Palangka Raya

id Pemkot palangka raya, polres palangka raya, satuan lalu lintas, satlantas, pos pelayanan dan pengamanan lebaran, hari raya idul fitri, arus mudik, pem

Ilustrasi - Petugas polantas berkoordinasi dengan petugas Dinas Perhubungan saat pemetaan dan rencana rekayasa lalu lintas arus mudik di Lhokseumawe, Aceh. ANTARA FOTO/Rahmad/foc. (ANTARA FOTO/RAHMAD)

Palangka Raya (ANTARA) - Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah meminta agar pemudik mengoptimalkan keberadaan pos pelayanan dan pengamanan yang berada di sepanjang jalur mudik.

"Bagi pemudik yang kelelahan hendaknya beristirahat di pos pelayanan yang sudah kami siapkan," kata Kasat Lantas Polres Palangka Raya AKP Anang Hardianto melalui Kanit Laka Aiptu Tri Marsono, Minggu. 

Tri mengatakan, imbauan tersebut diberikan kepada pemudik untuk menekan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang terkadang disebabkan kelalaian manusia sendiri. Disana juga terdapat petugas kesehatan yang berjaga, untuk melayani masyarakat atau pemudik yang ingin beristirahat sebentar.

Untuk menekan terjadinya kecelakaan di jalur mudik, pihaknya juga tak henti-hentinya memberikan imbauan baik melalui media sosial serta spanduk yang sudah terpasang di sejumlah titik di wilayah setempat. 

"Di Palangka Raya ini memang ada sejumlah jalur yang rawan terjadi kecelakaan, seperti Jalan Tjilik Riwut arah Kasongan, RTA Milono, Jalan Mahir Mahar arah Pulang Pisau serta sejumlah jalan yang ada di kota yakni Jalan Bukit Keminting dan Jalan G Obos induk," ucapnya.

Bagi masyarakat yang hendak bepergian jauh, sebelum berangkat alangkah baiknya mengecek kesiapan alat transportasinya baik roda empat maupun roda dua. Agar ketika dalam perjalanan, tidak mengalami gangguan yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain.

Melalui persiapan yang matang, salah satunya pengecekan kendaraan secara teliti, tentu dapat diketahui apa saja yang perlu dibenahi ataupun dilengkapi, guna menekan potensi kecelakaan lalu lintas ataupun gangguan lainnya menjadi seminim mungkin.

Sementara itu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Palangka Raya, juga menerapkan kebijakan khusus yaitu mempermudah proses pelayanan bagi pemudik dan masyarakat selama perayaan Idul Fitri 1440 Hijriah. 

"Peserta JKN-KIS yang mudik dan membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) walaupun tidak terdaftar di FKTP tersebut," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya Muhammad Masrur Ridwan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar