Menjelang Lebaran, Plaza Beringin Buntok ramai dikunjungi masyarakat

id Pemkab barsel, pemerintah kabupaten barito selatan, buntok, pemudik, daya beli, lebaran 2019, hari raya idul fitri 1440 hijriah, penjual atau pedagang

Kondisi parkir sepeda motor di kawasan Plaza Beringin Buntok menjelang Lebaran, Buntok, Senin, (3/6/2019). (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Menjelang Lebaran tahun 2019, Plaza Beringin Buntok, Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah ramai dikunjungi masyarakat.

Pada Senin (3/6), tampak masyarakat memadati plaza untuk berbelanja berbagai keperluan Lebaran, mulai dari pakaian, makanan dan minuman serta barang kebutuhan lainnya.

"Peningkatan jumlah pembeli ini saya rasa sudah terjadi sejak satu minggu yang lalu. Namun mendekati Lebaran jumlahnya terus meningkat," kata Faizal salah seorang pedagang pakaian.

Ia pun mengaku jumlah pembeli yang datang ke tokonya meningkat jika dibandingkan hari-hari biasanya. Jika dipresentasekan, kenaikannya berada pada kisaran 50 persen ke atas dan saat ini terus meningkat.

Pembeli yang datang tak hanya berasal dari Kota Buntok, namun juga berasal dari desa maupun pemudik yang hendak pulang ke kampung halamannya di sejumlah desa yang berada di enam kecamatan di wilayah Barito Selatan.

Faizal menyebut, padatnya jumlah pengunjung di plaza tidak hanya terlihat pada siang hari, namun juga pada malam hari. Tingginya daya beli masyarakat, membuat pedagang bersedia membuka lapaknya hingga malam hari.

"Peningkatan jumlah pembeli ini tidak hanya dirasakan oleh kami pedagang kain maupun pakaian, namun juga mereka pedagang kebutuhan pangan dan keperluan lainnya," tuturnya kepada Antara Kalteng.

Roby Sugara salah seorang juru parkir di plaza menjelaskan, peningkatan jumlah pengunjung atau pembeli tampak jelas terlihat dari bertambahnya jumlah kendaraan di area parkir, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Bahkan akibat banyaknya jumlah kendaraan roda dua yang harus pihaknya parkirkan, jalan-jalan yang tersedia di dalam plaza pun menjadi semakin sempit dan arus lalu lintas menjadi semakin padat.

"Pada Selasa (4/6) kami yakin jumlah pengunjung akan semakin meningkat dan mencapai puncaknya, seperti yang pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya," jelasnya.

Sementara itu arus mudik hingga H-2 Lebaran di wilayah Barito Selatan terus mengalami peningkatan. Kondisi tersebut sudah terjadi sejak H-7 Lebaran.

Kepala UPTD Dermaga Pasar Lama Buntok Bersinar menjelaskan, jika pada hari biasanya penumpang yang menaiki speed boat adalah sebanyak 17-18 orang, namun sejak seminggu terakhir kursi yang tersedia terisi penuh.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar