Kapolres Bartim kunjungi pos pengamanan untuk pastikan kelancaran arus mudik

id Polres Bartim, kapolres akbp zulham effendy, tamiang layang, barito timur, pos pelayanan dan pengamanan lebaran, pemudik, bulan suci ramadhan, operasi

Kapolres Barito Timur AKBP Zulham Effendy (tengah) usai memberikan bingkisan kepada petugas yang aktif berjaga saat Operasi Ketupat Telabang 2019 di pos pengamanan, Tamiang Layang, Senin, (4/6/2019). (Foto Istimewa)

Tamiang Layang (ANTARA) - Kapolres Barito Timur, Kalimantan Tengah AKBP Zulham Effendy melakukan pengecekan ke sejumlah pos pengamanan dan pelayanan Lebaran tahun 2019, guna memastikan kesiapan petugas di lapangan.

"Kami ingin memastikan kesiapan petugas dalam memberikan pelayanan kepada para pemudik, sehingga dapat dipastikan kelancaran arus mudik di wilayah Barito Timur," katanya di Tamiang Layang, Senin.

Pihaknya ingin petugas yang berjaga, baik dari aparat kepolisian maupun instansi lainnya dalam keadaan siap, guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan maksimalnya pelayanan kepada masyarakat.

Usai dilakukannya pengecekan, pihaknya memastikan para pemudik bisa melakukan perjalanan dengan aman dan mendapatkan pelayanan terbaik, apabila singgah ke pos yang tersedia. Diharapkan pemudik bisa memanfaatkan pos-pos yang telah disediakan untuk beristirahat.

"Saat pengecekan tadi di pos pelayanan, ada beberapa pemudik yang singgah untuk beristirahat. Mereka berasal dari Kabupaten Barito Selatan yang ingin ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan ada juga yang ingin ke Barito Selatan dan Barito Utara," ungkapnya.

Operasi Ketupat Telabang 2019 merupakan kegiatan kemanusiaan yang melibatkan berbagai instansi, seperti TNI, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja dan lainnya.

Untuk itu, bagi masyarakat yang hendak mudik diharapkan mengutamakan keselamatan, dengan memastikan kesehatan jasmani dan rohani serta memeriksa kendaraannya sebelum berangkat.

Selain itu, rumah yang ditinggalkan juga dipastikan keamanannya dengan melakukan pengecekkan terhadap pintu, tabung gas hingga aliran listrik yang tersedia.

Kepala UPT Puskesmas Tamiang Layang, Kecamatan Dusun Timur Ringkai mengatakan, sebanyak enam petugas kesehatan ditempatkan di pos pelayanan. Mereka akan berjaga 1x24 jam secara bergantian selama Operasi Ketupat Telabang 2019.

"Satu unit mobil pelayanan kesehatan dan obat-obatan juga kami siapkan, jika pada kondisi darurat maka petugas segera bertindak dan memberikan pelayanan," paparnya.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar