Ratusan pemudik dipastikan nikmati malam Idul Fitri di atas kapal

id kabupaten kotawaringin barat,kobar,kapal laut,mudik,Pelabuhan Panglima Utar,Pelabuhan Kumai

Ratusan pemudik dipastikan nikmati malam Idul Fitri di atas kapal

Suasana arus mudik di Pelabuhan Panglima Utar beberapa waktu lalu. (foto Antara Kalteng/Hendri Gunawan).

Pangkalan Bun, Kotawaringin Ba (ANTARA) - Ratusan pemudik yang berangkat menggunakan kapal laut dari Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat ke Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Selasa (4/6/) dini hari, dipastikan akan menikmati dan melewati malam Idul Fitri 1440 Hijjriah di atas laut.

Pemudik sebanyak 406 jiwa yang berangkat pada dini hari menggunakan KM Dharma Kencana tersebut baru akan tiba di Semarang pada Rabu (6/6) pukul 04.00 wib, kata Manager PT DLU cabang Kumai Firman Dandi.

"Jadi, kami pastikan para penumpang beserta awak kapal akan melewati malam Lebaran di laut dari atas kapal," tambahnya.

Dikatakan keberangkatan kapal KM. Dharma Kencana tersebut merupakan kapal terakhir yang melayani pemudik pada hari ini di Pelabuhan Panglima Utar, keberangkatan kapal di Panglima Utar akan kembali ada pada Rabu besok (5/5) dan Kamis (6/5).

"Kapal baru akan kembali ada pada besok hari dan lusa dengan mengunakan kapal KM Egon tujuan Surabaya dan KM. Kalimutu tujuan Semarang yang mana keduanya merupakan kapal milik Pelni, sementara kami (DLU) baru akan kembali lagi melayani setelah Lebaran," ungkap Firman.

Baca juga: Pemudik disiapkan shalat Idul Fitri di atas kapal

Di tempat terpisah, Manager PT Pelni cabang Pangkalan Bun Isdwisanto mengatakan masih ada ratusan tiket yang belum terjual untuk keberangkat kapal pada tanggal 5 - 6 Juni 2019 di Pelabuhan Panglima Utar Kumai.

"5 Juni ada KM. Egon dengan kapasitas 900 penumpang yang mana tiketnya hingga hari ini baru terjual sebanyak 95 penumpang, dan tanggal 6 Juni ada KM. Kalimutu dengan kapasitas 1.602 penumpang namun tiketnya baru terjual 236 penumpang," ucap Isdwisanto.

Sementara itu, Bupati Kobar Hj. Nurhidayah saat meninjau langsung jalannya arus mudik di Pelabuhan Panglima Utar belum lama ini menilai, secara keseluruhan kualitas arus mudik tahun ini di Pelabuhan Panglima Utar jauh lebih baik dari tahun lalu. Terutama dari kondisi terminal penumpang Pelabuhan Panglima Utar yang sangat nyaman dan representatif.

Untuk diketahui bersama, berdasarkan data tabel pergerakan arus mudik untuk periode mudik Lebaran tahun ini melalui jalur laut tepatnya di Pelabuhan Panglima Utar Kumai mulai dari H-15 sampai dengan H- 1 Lebaran, untuk sektor keberangkatan tercatat sudah ada 21.337 jiwa yang meninggalkan Kobar, sedangkan untuk sektor kedatangan sudah ada 2.861 jiwa yang datang ke Kobar.

Baca juga: Ingin mudik Lebaran aman? Berikut ulasannya

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar