Antisipasi gangguan kamtibmas, personel polda dikerahkan bantu Polres

id Palangka Raya,Polres Palangka Raya,Kapolres Palangka Raya,Timbul RK Siregar

Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar saat dibincangi awak media pada malam Lebaran 1440 Hijriyah di kawasan bundaran besar. (Foto Antara Kalteng/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Jajaran kepolisian resor Palangka Raya, kembali mendapatkan tambahan personel dari Polda Kalimantan Tengah yang disiapkan di mapolres setempat guna mengantisipasi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

"Penambahan personel itu sejak H-1 Lebaran sudah dipersiapkan maskas kami. Mereka akan diturunkan apabila di suatu tempat ada terjadi gangguan kamtibmas yang bisa membahayakan orang banyak," kata Kapolres Palangka Raya AKBP Timbul RK Siregar, kemarin.

Dikatakan untuk pengamanan ditingkat pos pelayanan serta terpadu yang ada di beberapa titik untuk memantau arus mudik serta lain sebagainya, serta melibatkan anggota TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Anggota Pemadam Kebakaran dan Dinas Kesehatan dari Kota Palangka Raya, berjaga sesuai dengan tupoksinya masing-masing.

Timbul mengatakan tingkat kewaspadaan di setiap pos dibeberapa titik, sehinga masyarakat yang mendekati radius bebebrapa meter selalu dipantau oleh kepolisian yang berjaga-jaga dan lengkap dengan senjata api untuk menindak tegas pelaku tindak kejahatan. 

"Selain berjga di pos pelayanan dan pos terpadu, kami juga menyebar sejumlah anggota menggunakan beberapa kendaraan roda dua dan empat guna menekan terjadinya aksi kejahatan seperti pencurian rumah kosong serta tindak kejahatan lainnya," ucapnya. 

Perwira jebolan Akpol  1998 itu menegaskan, status siaga satu untuk jajaran Polres Palangka Raya diberlakukan sejak di mulainya Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 pada pertengahan April. 

Baca juga: Tetap waspada dan hati-hati saat berlibur di tempat wisata

Selanjutnya status siaga satu itu tidak dicabut karena disambung dengan rangkaian Lebaran 1440 Hijriah, serta ada terjadinya aksi bom bunuh diri yang dilakukan di Kartasura Sukoharjo,  Jawa Tengah saat jelang Lebaran.

"Kewaspadaan terhadap kejadian seperti itu sudah kami antisipasi agar kejadian serupa tidak terjadi di wilayah hukum kami. Maka dari itu personel kami sebar ke sejumlah tempat, untuk menekan hal-hal yang tidak kita inginkan itu terjadi di sini," kata Timbul.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah polisi juga disebar dan gencar melakukan patroli di sejumlah keramaian seperti tempat wisata, pasar serta lain sebagainya saat libur Lebaran tahun ini. 

Sampai berita ini di turunkan, belun ada informasi hal-hal negatif seperti kejadian kecelakaan, aksi kejahatan serta lain sebagainya masuk dalam laporan pihak kepolisian setempat. 

Baca juga: Lebaran momentum memperkuat silaturahmi kepada masyarakat, kata Fairid

Baca juga: Wagub Kalteng berencana libatkan semua komponen ikut malam takbir

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar