Barito Selatan usulkan 250 formasi CPNS

id Barito Selatan usulkan 250 formasi CPNS,ASN,CPNS,Barito Selatan,Barsel,Buntok

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Barito Selatan Rahmin Hanan. (Foto Antara Kalteng/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) - Badan Kepegawaian, dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Barito Selatan Kalimantan Tengah mengusulkan sebanyak 250 formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) di wilayah setempat pada 2019 ini.

"Kami rencananya akan mengusulkan sebanyak 200 hingga 250 formasi penerimaan CPNS pada 2019 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Republik Indonesia," kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Barito Selatan, Rahmin Hanan di Buntok, Senin.

Pihaknya saat ini dalam proses pemasukan data usulan formasi tersebut ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Sesuai dengan surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor B/617/M.SM 01.00/2019 tertanggal 17 Mei 2019 kata dia, batas waktu penyampaian usulan formasi tersebut hingga pertengahan Juni 2019 mendatang.

Jika melihat dari jumlah formasi yang diusulkan tersebut, lanjut dia, memang masih kurang karena Barito Selatan masih kekurangan seribu lebih PNS.

"Tetapi kalau melihat dari sisi anggaran tidak mungkin juga kami mengusulkan formasi CPNS sebanyak seribu lebih itu," ucap Rahmin Hanan.

Berdasarkan surat Menpan RB, dalam pengusulan formasi harus berdasarkan peta jabatan yang ditetapkan PPK, memperhatikan jumlah PNS yang memasuki batas usia pensiun, rasio jumlah penduduk dengan PNS, serta melampirkan surat pernyataan ketersediaan anggaran gaji dan latihan dasar bagi CPNS.

Oleh karena itu, meskipun dalam surat Menpan RB itu pengusulan formasi terdiri dari 30 persen CPNS dan 70 persen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), namun formasi yang akan diusulkan pihaknya yakni 30 persen CPNS saja.

"Hal tersebut karena menyesuaikan dengan kemampuan anggaran daerah dalam membayar gajinya," ujarnya.

Adapun formasi terbanyak yang akan diusulkan yakni formasi tenaga teknis yang diperlukan seperti pada Dinas Pekerjaan Umum dan dinas lainnya, termasuk juga guru, dan tenaga kesehatan.

"Setelah usulan formasi tersebut telah selesai diinput, kami tinggal menunggu berapa formasi CPNS yang akan diperuntukkan bagi Barito Selatan nantinya," demikian Rahmin Hanan.


Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar