Pemdes Tapen Raya bersihkan jalan 17 Kilometer menuju Batu Raya

id jalan usaha tani tapen raya,tapen raya kecamatan gunung timang,kades tapen raya reding,gunung timang

Pemdes Tapen Raya bersihkan jalan 17 Kilometer menuju Batu Raya

Jalan Usaha Tani (JUT) yang dibangun Pemdes Tapen Raya sepanjang 17 km untuk menuju Desa Batu Raya dan Desa Tongka. (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Desa Tapen Raya Kecamatan Gunung Timang Kabupaten Barito Utara melakukan pembersihan jalan rintisan menjadi Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 17 kilometer untuk menuju Desa Batu Raya dan Desa Tongka.

Jalan rintisan yang dibangun oleh Pemdes Tapen Raya ini untuk mempersingkat jarak antar desa di daerah wilayah Kecamatan Gunung Timang, kata Kepala Desa Tapen Raya Reding, Selasa.

Menurut dia, pembersihan JUT dari Desa Tapen Raya menuju desa terdekat seperti Desa Batu Raya dan Desa Tongka bertujuan untuk mempersingkat jarak sehingga memudahkan mobilitas warga antar beberapa desa tersebut.

"Waktu tempuh bisa dipangkas sekitar satu jam lebih dibandingkan jalur utama dari ibu kota Kecamatan Gunung Timang, Kandui menuju Batu Raya," kata dia.

Kades Tapen Raya ini mengakui, bahwa kondisi jalan tersebut masih berupa jalan tanah, sehingga pihak desa sangat berharap jalan sepanjang 17 Km ini dapat ditangani langsung oleh Pemerintah Kabupaten Barito Utara melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang setempat.

"Jalan ini masih perlu pengerasan. Untuk diketahui, ada empat sungai yang dibuat jembatan di jalur itu," katanya.

Dia juga menambahkan, pembersihan JUT dari Tapen Raya menuju Desa Batu Raya dan Desa Tongka menggunakan dana desa (DD) tahun anggaran 2018.

"Termasuk pula beberapa program lain dengan porsi penganggaran tahap I sebesar 20 persen, tahap II sebesar 40 persen dan tahap III sebesar 40 persen," ujarnya.