Barito Utara dapat Rp1,5 miliar untuk pembenahan objek wisata

id wisata barito utara,dam trinsing ,air terjun jantur doyan,objek wisata barut

Warga memenuhi kawasan wisata Dam Trinsing Kecamatan Teweh Selatan (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, tahun ini menerima bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat untuk pembenahan beberapa tempat pariwisata yang ada di daerah ini sebesar Rp1,5 miliar.

Di Barito Utara ada dua objek wisata yang perlu dilakukan pembenahan. Dua objek wisata ini yakni Dam Trinsing dan Air Terjun Jantur Doyan di kilometer 18 arah Muara Teweh-Puruk Cahu, kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga  Barito Utara Arbaidi  di Muara Teweh, Rabu. 

"Kedua objek wisata ini merupakan objek wisata andalan di Barito Utara," tambahnya.

Menurut dia, untuk objek wisata Dam Trinsing, diantara pekerjaan yang akan dilaksanakan yaitu membangun gazebo sebanyak tiga unit untuk tempat beristirahan masyarakat yang mengunjungi tempat wisata ini, dan lahan parkir untuk kendaraan.

Untuk gazebo di tempat wisata Dam Trinsing ini dua unit diantaranya adalah gazebo terapung dan satu unit satu di lahan objek wisata. 
Sedangkan di objek wisata air terjun Jantur Doyan, Km 18 Muara Teweh-Puruk Cahu akan dibangun panggung kesenian, kios sebanyak tiga unit yang nantinya untuk tempat berjualan suvenir atau produk-produk unggulan khas daerah ini, dan berjualan makanan.

"Insya Allah paling lambat pada 22 Juli mendatang kita sudah akan melaksanakan penandatanganan kontrak dan membuat laporan-laporan terkait hal tersebut," kata Arbaidi. 

Pembenahan tempat-tempat wisata Ini juga sesuai visi-misi Bupati Barito Utara Nadalsyah dan khusus untuk objek wisata bumi perkemahan Panglima Batur  telah ada dianggarkan dana melalui APBD Kabupaten untuk pembenahannya sehingga menambah daya tarik masyarakat untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di daerah ini.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar