Kemenag Barito Selatan jadwalkan bimbingan Manasik Haji

id kabupaten barito selatan,barsel,kemenag barsel

Kasi Penyelenggaraan haji dan umrah Kemenag Barito Selatan Zaidin.(Foto Antarakalteng/Bayu Ilmiawan).

Buntok, Barito Selatan (ANTARA) - Kantor Kementerian Agama Barito Selatan, Kalimantan Tengah akan menjadwalkan pelaksanaan bimbingan manasik haji gabungan tingkat kecamatan bagi calon jamaah haji kabupaten setempat yang akan diberangkatkan pada  2019 ini.

"Untuk jadwal pelaksanaannya pada 17-24 Juni 2019 mendatang di aula Kantor Kemenag Barito Selatan," kata kasi Penyelenggaraan haji, dan umrah pada kantor Kementerian Agama Barito Selatan Zaidin di Buntok, Rabu.

Adapun materi yang disampaikan dalam kegiatan bimbingan manasik haji tersebut diantaranya yakni tentang bimbingan, dan praktek manasik haji, dan umrah.

Zaidin mengatakan bimbingan manasik haji itu juga akan dijelaskan tentang pelaksanaan sholat arbain, dan ziarah, ibadah, dan kegiatan selama diperjalanan di dalam pesawat, akhlak jamaah haji, dan budaya Arab serta hak, dan kewajiban jamaah haji, hikmah haji, serta pelestarian haji mabrur.

"Termasuk juga terkait dengan kebijakan pemerintah tentang penyelenggaraan haji, dan umrah kebijakan pelayanan kesehatan haji, pengelolaan keuangan haji, dan proses perjalanan ibadah haji gelombang I, dan gelombang II," beber dia.

Baca juga: Barito Selatan usulkan 250 formasi CPNS

Sedangkan narasumber dalam kegiatan ini nantinya yakni Kepala Kantor Kementerian Agama, Abdul Majid Rahimi, Kasubag TU Kantor Kemenag, Arbaja, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Barsel, Zaidin, Ustadz HM Sibawaihi Lc, dan Ustadz H. Sukri.

Selain itu ia juga menyampaikan, untuk jumlah calon jamaah haji Barito Selatan yang akan diberangkatkan pada  tahun  ini sebanyak 158 ditambah 1 orang TPHD sehingga totalnya sebanyak 159 orang.

"Calon jamaah haji Barito Selatan ini telah dilakukan pemeriksaan kesehatan, dan juga telah melaksanakan vaksinasi meningitis, dan influenza," Zaidin.

Calon jamaah haji Barito Selatan yang akan diberangkatkan pada 2019 pun dihimbau menjaga kesehatannya agar nantinya bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar tanpa ada gangguan masalah kesehatan, dan kendala lainnya yang dapat menghambat pelaksanaan ibadah di tanah suci Mekkah.

Baca juga: Kehadiran ASN Barito Selatan di hari pertama kerja capai 98 persen

Baca juga: Menjelang Lebaran, Plaza Beringin Buntok ramai dikunjungi masyarakat

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar