Pemkab Kapuas terus berupaya tingkatkan penguatan SAKIP

id Pemkab Kapuas,Kapuas,Bupati Kapuas Ben Brahim,Pemkab Kapuas terus berupaya tingkatkan penguatan SAKIP

Pemkab Kapuas terus berupaya tingkatkan penguatan SAKIP

Asisten Pemerintahan Umum Setda Kapuas Vitrianson didampingi Kepala Bappeda Yan Hendry Ale dan Inspektur Catur Ferianto bersama Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Kemenpan RB Dra Nadimah MBA, saat kegiatan Coaching Clinic Perangkat Daerah Kabupaten Kapuas, di Hotel March Jakarta, Rabu (13/6/2019). (Foto Dinas Kominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Seluruh Kepala Perangkat Daerah dan sejumlah camat di Pemerintahan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, mengikuti Coaching Clinic Penguatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Republik Indonesia di Jakarta. 

"Ini dalam rangka mewujudkan visi dan misi sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD 2018-2023. Maka dari itu, bapak Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat menugaskan seluruh SKPD serta camat untuk mengikuti SAKIP ini selama dua hari yakni dari 12-13 Juni 2019," kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kapuas Suwarno Muriyat melalui press release yang diterima Antara, Rabu.

Suwarno yang turut serta menjadi peserta saat itu menyebutkan, bahwa hasil evaluasi Kementerian PAN dan RB tahun 2018 Kabupaten Kapuas dalam kategori 'B', sehingga perlu dilakukan terobosan untuk meningkatkan penilaian kinerja instansi pemerintah yang lebih akuntabel. 

"Bapak Bupati Kapuas menargetkan pada tahun ini dan kedepannya peringkat Kabupaten Kapuas harus beranjak naik menjadi 'A' ," katanya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Umum Setda Kapuas Vitrianson yang turut serta juga dalam kegiatan itu mengingatkan pesan Bupati Kapuas terkait komitmen dan konsistensi kinerja Kepala Perangkat Daerah dalam menjalan tugas dan fungsi organisasi. 

"Bapak Bupati Kapuas pada saat memimpin rapat persiapan Coaching Clinic akhir pekan lalu di rumah jabatan Bupati Kapuas telah menegaskan kepada kita semua, agar senantiasa optimis dalam menentukan target kinerja. Kita semua harus bekerja optimal, senantiasa berinovasi dan konsisten pada sasaran program sehingga manfaatnya dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Kapuas," ucap Vitrianson.

Ia menambahkan, bahwa sebetulnya pak Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat akan hadir langsung dalam kegiatan ini, namun pada saat yang bersamaan pihaknya mengikuti kegiatan yang tidak dapat di wakilkan di Jakarta. 

Kepala Bappeda Kabupaten Kapuas Yan Hendry Ale juga menambahkan dalam paparannya dihadapan Tim Evaluasi dan peserta Coaching Clinic, menekankan kepada seluruh Kepala Perangkat Daerah agar menguatkan pencapaian target layanan, strategi dan arah kebijakan, rencana program kegiatan, indikator kinerja serta kelompok sasaran dan pendanaan indikatif perangkat daerah yang sejalan dengan Visi dan Misi Bupati Kapuas 2018-2023.

Sementara Dra Nadimah mewakili Menpan RB yang didampingi Endang Purwaningsih dan Novan Kharisma Salainti selaku Tim Evaluasi Kemenpan RB menegaskan, bahwa Coaching Clinic merupakan salah satu upaya untuk merustrukrisasi dokumen Perencanaan Kinerja dalam bentuk RPJM, Rencana Kinerja, Rencana Kerja Tahunan maupun Perjanjian Kinerja. 

"Untuk meningkatkan pemeringkatan diperlukan komitmen dan konsisten baik pejabat maupun pelaksana," papar Nadimah.

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar