"Creative Zone" terobosan bangkitkan UMKM Kotim

id Creative Zone terobosan bangkitkan UMKM Kotim,Kadin,Kotim,Susilo,Sampit,UMKM,Kotawaringin Timur

"Creative Zone" terobosan bangkitkan UMKM Kotim

Ketua Kadin Kotawaringin Timur Susilo. (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Berbagai cara dilakukan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah untuk membantu membangkitkan sektor usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), kini melalui program yang diberi nama "Creative Zone Sampit 2019".

"Kadin ingin produk UMKM Kotawaringin Timur semakin dikenal. Kami ingin membantu pembinaan dan promosi bahwa UMKM itu layak menjadi produk terbaik di Kotawaringin Timur," kata Ketua Kadin Kotawaringin Timur Susilo di Sampit, Kamis.

Susilo menjelaskan, "Creative Zone Sampit 2019" merupakan program yang akan dilaksanakan bersama Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kotawaringin Timur. Kegiatan ini akan dilaksanakan di ikon Patung Jelawat secara berkelanjutan.

Saat ini sedang dipersiapkan rencana launching program ini oleh Bupati H Supian Hadi. Persiapan juga terus dimatangkan agar pelaksanaannya nanti benar-benar optimal dan konsisten.

"Creative Zone Sampit 2019" akan diisi dengan bazar UMKM, panggung hiburan, parade kesenian dan komunitas sharing business. Kegiatan ini memberi kesempatan kepada pelaku UMKM memasarkan produk mereka di objek wisata yang selalu ramai pengunjung tersebut.

"Creative Zone Sampit 2019" juga akan menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk berdiskusi dan sama-sama belajar sambil bertukar pengalaman sehingga bisa bersama-sama maju.

"Bazarnya nanti setiap Rabu, Kamis dan Sabtu malam. Setiap Sabtu malam atau malam Minggu nanti ada kreasinya untuk pembinaan UMKM atau diskusi bisnis, mungkin saya datangkan pengusaha nasional," jelas Susilo.

Susilo mengaku saat ini sedang berada di kawasan Utara karena sedang berkeliling ke Kecamatan Parenggean, Tualan Hulu, Antang Kalang, Telaga Antang dan Mentaya Hulu terkait rencana kegiatan tersebut.

Rencananya setiap kecamatan akan diikutsertakan dalam kegiatan ini sehingga bisa menjadi momen bagi pemerintah kecamatan untuk mempromosikan produk UMKM dari pelaku usaha di desa-desa kecamatan tersebut.

Susilo menegaskan, Kadin berusaha merangkul semua pelaku usaha tanpa membeda-bedakan. Bahkan pelaku UMKM mendapat perhatian khusus dari Kadin karena memang perlu dibantu agar mereka bisa mandiri dan terus maju.

Kadin akan bergandengan tangan dengan pemerintah untuk membantu semua pelaku usaha. Untuk itu, semua pelaku usaha juga diimbau untuk bergabung secara aktif di Kadin sehingga makin banyak yang bisa dilakukan bersama demi kemajuan bersama pula.