Petugas FKTP diharapkan lebih tertib mengentri kunjungan peserta JKN-KIS

id bpjs-kesehatan muara teweh,bpjs-k murung raya,petugas fktp murung raya

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, Cut Marisa kepada perwakilan FKTP dalam pertemuan monitoring dan evaluasi fasilitas kesehatan tingkat pertama di kantor BPJS Kesehatan Murung Raya di Puruk Cahu. Kamis (13/6/2019). (FOTO ANTARA/HO-BPJS-Kesehatan Muara Teweh)

Puruk Cahu (ANTARA) - Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) BPJS-Kesehatan Murung Raya diharapkan dapat lebih tertib mengentri setiap kunjungan peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) melalui aplikasi P-Care sehingga dapat menjadi indikator yang baik dalam menilai pelayanan dari FKTP.

Hal tersebut disampaikan oleh Cut Marisa Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh kepada perwakilan FKTP dalam pertemuan Monitoring dan Evaluasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama  di kantor BPJS Kesehatan Murung Raya di Puruk Cahu. Kamis.

"Salah satu yang menjadi penilaian untuk FKTP yaitu angka kontak berupa jumlah kunjungan sakit maupun kunjungan sehat dari peserta JKN-KIS yang berkunjung di fasilitas kesehatan tersebut sehingga harapannya petugas dari FKTP dapat secara tertib mengentri setiap kunjungan," tambahnya.

Dia mengingatkan, kepada FKTP disamping sebagai pemberi pelayanan kesehatan juga menjadi pintu utama bagi peserta JKN-KIS dalam mengakses pelayanan kesehatan sehingga terus diperlukan koordinasi agar permasalahan dilapangan dapat diatasi dengan baik dan diharapkan kepuasan peserta dapat terus ditingkatkan.

"Monitoring dan evaluasi bagi FKTP di Kabupaten Murung Raya ini sebagai langkah kita untuk meningkatkan koordinasi dalam mengatasi kendala yang dihadapi fasilitas kesehatan dalam meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS, harapannya dapat terwujud melalui pelayanan terbaik yang dapat diberikan," ucapnya.

Menurut dia, salah satu wujud FKTP dalam memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS diantaranya FKTP juga wajib melayani semua peserta JKN-KIS dari luar daerah yang ingin berobat di daerah sementara Ia berkunjung dengan maksimal tiga kali kunjungan.

"Dalam keadaan tertentu, peserta JKN-KIS yang sedang dalam perjalanan baik sedang liburan, berkunjung ke rumah keluarga atau keperluan lainnya dapat mengakses FKTP terdekat di daerah yang dikunjunginya dengan maksimal tiga kali pelayanan, selebihnya jika menetap maka peserta dapat merubah FKTP nya melalui aplikasi Mobile JKN," jelas Cut.

Terkait hal ini sudah dijalankan dengan baik oleh FKTP  yang ada di Murung Raya. Adit sebagai perwakilan dari Puskesmas Puruk Cahu mengungkapkan dalam kondisi tersebut pihaknya terus memberikan upaya yang maksimal dalam memberikan pelayanan. 

"Kita terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, tidak terkecuali bagi peserta JKN-KIS baik yang telah terdaftar di Puskesmas Puruk Cahu maupun peserta JKN-KIS yang dalam waktu sementara berkunjung kesini," ujarnya. 
 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar