Puskesmas di Kotim berkomitmen tingkatkan pelayanan

id Puskesmas di Kotim berkomitmen tingkatkan pelayanan,Dinas kesehatan,Akreditasi puskesmas,Kotim,Kotawaringin Timur,Sampit,Puskesmas Baamang I

Puskesmas di Kotim berkomitmen tingkatkan pelayanan

Kepala Puskesmas Baamang I Supriadi (tengah) saat lokakarya mini bulanan yang dihadiri seluruh pegawai, Sabtu (15/6/2019). (Foto Antara Kalteng/Norjani)

Sampit (ANTARA) - Puskesmas Baamang I Kecamatan Baamang Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah berkomitmen terus memperbaiki dan meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sekaligus berharap bisa meningkatkan akreditasi.

"Hal yang sangat dibutuhkan adalah komitmen kebersamaan dan peningkatan sumber daya manusia. Kami sudah sepakat untuk bersama-sama meningkatkan kinerja pelayanan, makanya capaian yang ada terus kami evaluasi," kata Kepala Puskesmas Baamang I, Supriadi di Sampit, Sabtu.

Seluruh pegawai Puskesmas Baamang I menghadiri lokakarya mini bulanan. Kegiatan ini rutin digelar untuk mengevaluasi capaian kinerja selama enam bulan terakhir untuk mengetahui kekurangan yang terjadi sehingga bisa diperbaiki.

Kegiatan ini sangat penting karena seluruh pegawai Puskesmas Baamang I sudah berkomitmen meningkatkan kinerja pelayanan. Semua juga sepakat saling memberi masukan dan bersama-sama memperbaiki kinerja.

Tahun 2017 lalu Puskesmas Baamang I mendapatkan Akreditasi Dasar. Meski menghadapi banyak kekurangan sarana, seluruh pegawai Puskesmas Baamang I berharap bisa meningkatkan akreditasi yang diraih pada periode penilaian 2020 nanti.

Saat ini Puskesmas Baamang I memiliki sekitar 50 pegawai, yaitu tiga dokter umum dan satu dokter gigi, perawat, bidan, kesehatan lingkungan, gizi, analis laboratorium dan administrasi.

Setiap hari kerja, puskesmas yang terletak di simpang tiga Jalan Muchran Ali itu selalu dipadati pasien. Setiap hari lebih dari 60 pasien yang dilayani puskesmas tersebut.

Supriadi berterima kasih karena Dinas Kesehatan mengusulkan pemugaran gedung Puskesmas Baamang I menjadi dua lantai agar pelayanan kepada masyarakat lebih optimal dan nyaman. Hal itu juga akan menjadi penunjang upaya peningkatan akreditasi.

Hasil evaluasi saat ini kinerja pelayanan terus membaik, namun tentu masih ada kekurangan yang harus diperbaiki. Seluruh pegawai sepakat bersama-sama menjadi tim yang solid untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan.

"Ada kegiatan di luar gedung seperti Posyandu, ada kegiatan di dalam gedung seperti pelayanan dokter dan lainnya, juga bidang administrasi dalam hal transparansi pembiayaan, anggaran, termasuk perencanaan anggaran," tambah Supriadi.

Untuk kegiatan di luar gedung, diakuinya memerlukan kerja keras karena personel terbatas, seperti kegiatan posyandu, posyandu lansia, bidang gizi, penyakit tidak menular, kesehatan lingkungan, penyuluhan dan lainnya.

Meski begitu, Supriadi menegaskan pihaknya selalu berupaya melayani masyarakat secara maksimal. Dengan kebersamaan dan komitmen tinggi seluruh pegawai, dia optimistis berbagai kendala bisa dicarikan solusinya dan kinerja pelayanan akan terus meningkat.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar