Pelaku usaha diminta lebih kreatif dan inovatif hadapi persaingan pasar

id Pelaku usaha diminta lebih kreatif dan inovatif hadapi persaingan pasar,Gunung mas,Kuala kurun,UMKM

Pelaku usaha diminta lebih kreatif dan inovatif hadapi persaingan pasar

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengunjungi salah satu stand pada Pameran dan Temu Usaha Kabupaten Gumas 2019, di Stadion Mini Kuala Kurun, Minggu (16/6/2019). (Foto Diskominfo dan SP Kabupaten Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong meminta pelaku usaha menumbuhkan sikap kewirausahaan yang handal, serta meningkatkan kreativitas dan inovasi sehingga mampu bersaing merebut pasar.

“Para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta industri kecil dan menengah (IKM) saya minta untuk menumbuhkan sikap kewirausahaan yang handal,” kata Jaya saat membuka Pameran dan Temu Usaha Kabupaten Gunung Mas 2019 di Kuala Kurun, Minggu.

Dia menyebut, sikap kewirausahaan yang handal diharapkan dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi, guna meningkatkan kualitas dan daya saing produk-produk yang dihasilkan oleh pelaku UMKM dan IKM dari wilayah setempat.

Selain itu, pelaku usaha harus jeli membaca potensi peluang pasar, untuk mengetahui produk apa saja yang digemari oleh para pembeli, sehingga produk yang dihasilkan dapat mengisi peluang pasar tersebut.

“Pelaku usaha juga harus cermat dalam menentukan harga-harga yang realistis bagi produk-produk yang dihasilkan,” imbuh orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini.

Pameran dan temu usaha, lanjut dia, diharapkan dapat menjadi sarana efektif untuk memperkenalkan komoditas unggulan, potensi dan peluang investasi yang dimiliki, baik di tingkat kecamatan maupun desa di Kabupaten Gunung Mas.

Dia juga berharap kegiatan ini memberikan daya ungkit bagi pertumbuhan ekonomi Kabupaten Gunung Mas melalui berbagai transaksi, sehingga secara komulatif dapat meningkatkan produk domestik regional daerah (PDRD) di sektor industri pengolahan dan perdagangan, serta lainnya.

Asisten I Setda Gunung Mas Ambo Jabar mengatakan, pameran dan temu usaha merupakan rangkaian kegiatan perayaan Hari Jadi ke-17 Kabupaten Gunung Mas yang jatuh pada 21 Juni 2019 mendatang. Kegiatan itu berlangsung di Stadion Mini Kuala Kurun, 16-21 Juni 2019.

Dia menyebut, ada 45 stan instansi vertikal, lembaga perbankan, dan perangkat daerah serta 60 stan pelaku UKM dan IKM yang berpartisipasi. Selama kegiatan, panitia menyiapkan panggung hiburan yang menampilkan artis lokal serta artis ibu kota.

“Panitia juga akan melaksanakan jalan sehat berhadiah di Taman Kota Kuala Kurun pada tanggal 19 Juni 2019 mendatang. Ada beragam hadiah menarik yang telah disiapkan untuk menarik kehadiran masyarakat pada kegiatan jalan sehat,” demikian Ambo.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar