Tiga Program Inovasi Desa yang perlu dikembangkan Pemerintahan Desa di Kapuas

id Kapuas,Bupati Kapuas Kalimantan Tengah Ben Brahim S Bahat, Tiga Program Inovasi Desa yang perlu dikembangkan Pemerintahan Desa di Kapuas,Yan Hendri Al

Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, Yan Hendri Ale, saat membuka secara langsung rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten (TIK) Kabupaten Kapuas, di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Senin (17/6/2019). (Foto Dinas Kominfo Kapuas)

Kuala Kapuas (ANTARA) - Bupati Kapuas Kalimantan Tengah Ben Brahim S Bahat melalui Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Kapuas Yan Hendri Ale, berharap agar seluruh Perangkat Daerah setempat dapat berperan aktif sesuai tugas dan fungsi yang ada, demi suksesnya Program Inovasi Desa (PID) di daerah setempat. 

"Saya minta kepada Pemerintahan Desa yang menjadi ujung tombak pelaksanaan Program Inovasi Desa untuk membangun desa, harus ada mitra kerja yang telah diamanatkan dan selalu siap untuk mendukung pelaksanaan program inovasi desa untuk dikembangkan," kata Plt Kadis PMD Kapuas Yan Hendri Ale, dalam rapat koordinasi Tim Inovasi Kabupaten Kapuas Tahun 2019 di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas, Senin.

Ia mengatakan, bahwa untuk pelaksanaan Program Inovasi Desa tahun 2019 ini, ada tiga bidang yang dapat dikembangkan oleh Pemerintahan Desa yaitu bidang kewirausahaan dan pengembangan ekonomi lokal, bidang sumber daya manusia dan bidang infrastruktur.

"Ketiga bidang ini wajib dikembangkan oleh semua jajaran Pemerintahan Desa, Pengelola Pengetahuan Inovasi Desa (PPID) dan Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) merupakan komponen yang sangat penting didalam peleksanaan Program Inovasi Desa," ucap Yan Hendri Ale.

Baca juga: Bupati Kapuas: Tetap jaga dan jalin silaturahmi antar sesama

Bupati juga mengharapkan agar program inovasi desa mampu menjadikan desa mandiri dan sejahtera. 

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Kapuas menyambut baik adanya kebijakan dari Pemerintah Pusat telah membuat suatu terobosan yang sangat strategis sejak tahun 2017 lalu, dengan tujuan supaya semua desa di wilayah Kabupaten Kapuas khususnya dapat mandiri dan sejahtera," tandasnya.

Ditempat yang sama, Kabid Pemberdayaan Kelurahan dan Desa Seplehi menjelaskan kegiatan rapat Tim Inovasi Kabupaten ini untuk menyamakan persepsi dan mendorong seluruh OPD agar dapat berperan aktif sesuai tugas dan fungsi masing-masing. 

"Ini diharapkan secara berkualitas agar dapat meningkatkan produktivitas rakyat/masyarakat dan kemandirian ekonomi serta mempersiapkan pembangunan sumber daya yang memiliki daya saing," demikian Seplehi. 

Sementara itu, dalam rapat tersebut dihadiri Tenaga Ahli Madya Bidang Pengembangan Kapasitas (P3MD) Provinsi Kalimantan Tengah Teriotoni. Kemudian, peserta rapat terdiri dari Tim Inovasi Kabupaten, Camat se Kabupaten Kapuas, Pendamping Desa dan Tim Pelaksana Inovasi Desa.

Baca juga: Pemkab Kapuas terus berupaya tingkatkan penguatan SAKIP

Baca juga: Bupati Kapuas optimis raih juara FBIM 2019 se-Kalteng

 

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar