Warga Desa Ketapang nikmati air bersih pegunungan

id air bersih desa ketapang,camat gunung timang,air bersih pegununan gunung timang

Warga Desa Ketapang nikmati air bersih pegunungan

Camat Gunung Timang, Syahmiludin A Surapati membuka kran air bersih yang merupakan program Pemerintahan Desa Ketapang bersama Kepala Desa Ketapang Julianto . (Istimewa)

Muara Teweh (ANTARA) - Warga Desa Ketapang Kecamatan Gunung Timang, Kabupaten Barito Utara saat ini sudah bisa menikmati air bersih dari pegunungan. Adapun jarak dari desa ke pegunungan air bersih sekitar 4 kilometer dari rumah penduduk.

"Saat ini penyaluran air bersih pegunungan disalurkan ke masyarakat sekitar hanya menggunakan gravitasi saja, bukan menggunakan bantuan mesin. Insya Allah 2019 ini penyalurannya sudah bisa menggunakan pakai mesin," kata Kepala Desa Ketapang Julianto di Desa Kandui, Kamis.

Untuk mengoptimalkan air bersih tersebut, pihak pemerintah desa telah melakukan kegiatan penyediaan air bersih dari sumber alam ke penduduk pada 2018 lalu dan akan dilanjutkan perkembangannya pada tahun ini, untuk melayani kebutuhan masyarakat sekitar 130 kepala keluarga (KK).

Menurut dia, sekarang masyarakat sudah menikmati air bersih dan tidak perlu lagi mandi dan buang air di sungai, karena sudah ada penyaluran air bersih ke masing-masing rumah masyarakat.

Pada 2019 ini pemerintah desa juga akan merencanakan peningkatan dan membenahi bak atau tempat penampungan air bersih. 

"Saya berterimakasih kepada pemerintah khususnya pihak Kecamatan Gunung Timang yang selama ini telah membina kami serta mengawasi semua program-program yang dilaksanakan di Desa Ketapang," kata Julianto.

Sementara Camat Gunung Timang Syahmiludin A Surapati mengatakan masyarakat saat ini telah menikmati air bersih alami dari sumber air pegunungan untuk warga Desa Ketapang. 

"Program air bersih ini melalui dana desa tahun lalu, dan berhasil mewujudkan program air bersih yang cukup lama didambakan oleh seluruh warga Desa Ketapang. Sukses untuk Pemdes, BPD dan masyarakat Desa Ketapang atas semangat kebersamaannya. Mari kita bersama membangun desa yang lebih baik, maju dan sejahtera," ujar Syahmiludin.