126 JCH Barito Utara ikuti manasik haji

id manasik haji barito utara,manasik jch barito utara,wakil bupati barito utara

Jamaah calon haji perempuan foto bersama Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra dan pemberi materi materi manasik haji di Muara Teweh, Rabu (19/6/2019). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barito Utara)

Muara Teweh (ANTARA) - Sebanyak 126 orang jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, mengikuti manasik haji selama dua hari mulai 19-20 Juni 2019 yang dibuka Wakil Bupati setempat Sugianto Panala Putra.

Kegiatan ini dilaksanakan guna membekali para jamaah calon haji Kabupaten Barito Utara dalam tata cara ibadah haji yang tertib sesuai rukun haji yang diikuti seluruh JCH 126 orang, kata Ketua Panitia pelaksana Ardiansyah di Muara Teweh, Rabu. 

"JCH ini berasal dari Kecamatan Teweh Tengah 87 orang, Lahei 15 orang, Lahei Barat 2 orang, Teweh Baru 2 Orang, Montallat 10 orang, Gunung Purei 6 orang, Teweh Selatan 2 orang, dan Tim Kesehatan 2 orang," tambahnya.

Pemateri pada kegiatan manasik haji ini dilakukan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara, Kabid Penyelenggara Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Tengah dan Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kabupaten Barito Utara.

Kepala Kantor Kemeterian Agama Kabupaten Barito Utara Tuaini Ismail mengharapkan bahwa seluruh jamaah calon haji ini meraih predikat taqwa dengan telah menjalankan rukun Islam yang kelima. 

Namun dia mengingatkan jangan sampai hal ini dinodai oleh tiga larangan haji yakni Rafats, Fusuq, dan Jidal. Rafats yakni perbuatan dan perkataan yang tidak senonoh, kedua Fusuq perbuatan maksiat, serta yang ketiga Jidal yang memiliki arti tidak dapat menahan emosi yang menimbulkan perkelahian dan perdebatan.

"Yang tak kalah penting, bahwa jamaah haji harus selalu menjaga kesehatan, mengingat kloter Barito Utara yang bergabung dengan Kabupaten Barito Selatan dan Sukamara ini termasuk dalam kelompok terbang (kloter) 18," kata Tuaini.

Wakil Bupati, Sugianto Panala Putra membacakan sambutan Bupati Barito Utara berpesan agar para jamaah dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, jangan sampai ibadah haji nantinya dapat berkurang dikarenakan ketidaktahuan dalam pelaksanaan rukun ataupun sunah haji. 

"Saya berharap para jamaah dapat mengambil ilmu dan menyimak dengan benar materi yang disampaikan oleh para pemateri pada kegiataan ini, agar ibadah hajinya dapat berjalan dengan lancar dan mendapatkan haji yang mabrur," harap Sugianto.

Terakhir, Wakil Bupati menyampaikan pesan Bupati agar para pembimbing jamaah agar tidak lalai dalam menjalankan tugasnya dalam membimbing dan menjaga jamaah calon haji yang menjadi tanggung jawabnya selama ditanah suci.

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar