Perda RTRWP Kalteng jadi referensi DPRD Lampung

id DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, kaji banding ke DPRD Kalteng, Sekwan Kalteng, Tantan

Perda RTRWP Kalteng jadi referensi DPRD Lampung

Sekretaris DPRD Kalteng Tantan bersama perwakilan Setda Kalteng dan Pansus Raperda RTRWP DPRD Lampung melakukan foto bersama usai melakukan pertemuan di gedung DPRD Kalteng, Kamis (20/6/2019). (IST)

Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kalimantan Tengah Tantan dan sejumlah perwakilan Setda Provinsi Kalteng, menerima kunjungan sekaligus melakukan pertemuan dengan Panitia Khusus Raperda RTRWP DPRD Lampung, Kamis.

Kehadiran para wakil rakyat Provinsi Lampung ke DPRD Kalteng untuk melakukan kaji banding sekaligus menambah referensi pihaknya dalam menyusun peraturan daerah tentang rencana tata ruang wilayah provinsi (RTRWP).

"Kami sekarang ini sedang melakukan revisi perda nomor 1 tahun 2010 tentang RTRWP Lampung. Jadi, kami datang ke sini untuk menambah referensi," kata Ketua Ketua Pansus raperda RTRWP DPRD Lampung Muzes Herman usai melakukan pertemuan dengan Sekwan Kalteng di Palangka Raya.

Menurut dia, ada banyak kesamaan kondisi maupun wilayah di Provinsi Kalteng dengan Lampung, khususnya terkait RTRWP. Untuk itu, DPRD Lampung perlu datang dan melakukan kaji banding agar Perda RTRWP yang sedang dalam proses revisi dapat menjadi lebih baik.

Revisi perda yang sedang kami laksanakan itu untuk masa 10 tahun kedepan yakni 2019-2029. Jadi, apa yang telah dibahas dan disharingkan di Kalteng, bisa menambah referensi dan wawasan Pansus dalam membahas revisi Perda RTRWP Lampung," kata Muzes.

Baca juga: Kalteng jadi tempat kaji banding DPRD DIY susun Propemperda

Selain membahas masalah penyusunan Perda RTRWP Kalteng, DPRD Lampung juga  melihat penataan serta kebersihan Kota Palangka Raya patut untuk ditiru. Sebab, pihaknya sudah berkeliling ke sejumlah titik di Kota Palangka Raya, kondisinya rapi dan bersih.

Muzes mengaku terkesan dan merasa istimewa ketika melihat penataan Kota Palangka Raya, tingkat disipilin para petugas kebersihan, serta kesadaran masyarakat tidak membuang sampah di sembarang tempat juga sangat baik.

"Konsistensi perhatian pemerintah di daerah ini juga berjalan efektif dan disiplin. Jadi istimewa bagi saya karena baru kali ini ke Palangka Raya. Benar-benar Sangat terkesan," demikian Muzes.

Baca juga: Perbanyak kuota CPNS tenaga kesehatan dan guru, kata Sigit K Yunianto

Baca juga: Ketidakhadiran Gubernur di paripurna ganggu hubungan dengan DPRD

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar