Politeknik Seruyan buka penerimaan mahasiswa baru

id Pemkab seruyan, pemerintah kabupaten seruyan, kuala pembuang, politeknik, pendidikan, kementerian pendidikan, perguruan tinggi, pengelolaan agribisnis

Politeknik Seruyan buka penerimaan mahasiswa baru

Ilustrasi-Proses wisuda mahasiswa di Auditorium Undiksha, Singaraja, Buleleng. (Foto Antaranews Bali/Made Adnyana)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Yayasan Politeknik Seruyan, Kalimantan Tengah berencana membuka penerimaan mahasiswa baru, pada tahun ini di tiga jurusan berbeda.

"Penerimaan mahasiswa baru ini, rencananya kami lakukan di tiga jurusan berbeda, yaitu pertanian, perkebunan dan teknik sipil," kata Ketua Yayasan Politeknik Seruyan Hermansyah di Kuala Pembuang, Jumat.

Hermansyah mengatakan, setelah izin operasional dari Kementerian Pendidikan keluar nantinya, maka pihaknya akan langsung membuka penerimaan mahasiswa baru tersebut.

Berdasarkan perkiraan selesainya sejumlah tahapan, sementara ini dijadwalkan pembukaan penerimaan mahasiswa baru dimulai pada Agustus 2019 mendatang.

Cukup lamanya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai tahapan itu, sebab mendirikan perguruan tinggi berbeda dan tidak semudah mendirikan SD, SMP maupun SMA sederajat.

"Prosedurnya cukup panjang dan banyak persyaratan yang harus kami penuhi. Makanya hingga saat ini pembukaan penerimaan mahasiswa baru belum bisa kami mulai," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, secara rinci jurusan yang tersedia di Politeknik Seruyan meliputi jurusan D4 pengelolaan agribisnis perkebunan, D3 budidaya ikan serta D4 rekayasa jalan dan jembatan.

Ia menambahkan, untuk gedung Yayasan Politeknik Seruyan, saat ini masih dalam proses pembangunan. Sementara itu pihaknya akan melakukan pinjam pakai gedung yayasan pesantren yang ada.

"Kami berharap kehadiran politeknik ini, mampu memacu pertumbuhan pendidikan di Seruyan agar terus berkembang dan menjadi semakin baik. Termasuk dalam hal peningkatan kualitas sumber daya manusia yang dimiliki," terangnya.