Bentuk Perusda untuk tingkatkan PAD di Seruyan

id Pemkab seruyan, pemerintah kabupaten seruyan, kuala pembuang, bupati yulhaidir, uhai, pendapatan asli daerah, pad, perusda, perusahaan daerah, bumd, p

Bentuk Perusda untuk tingkatkan PAD di Seruyan

Bupati Seruyan Yulhaidir. (Foto Protokol Pemkab Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah berencana membentuk perusahaan daerah atau perusda untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) pada sejumlah sektor yang dianggap potensial.

"Salah satu strategi kami untuk meningkatkan PAD Seruyan adalah dengan membentuk perusda," kata Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Minggu.

Nantinya perusda ataupun Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang dibentuk itu, bergerak pada bidang khusus guna menggali berbagai sektor yang sangat potensial yang selama ini belum dikelola secara optimal.

Yulhaidir mengatakan, masih banyak lahan di Seruyan yang belum dimanfaatkan, sehingga apabila memungkinkan dapat dijadikan sebagai kebun baru dan dikelola oleh perusda guna menambah pundi-pundi PAD.

Selain itu lahan yang belum produktif tersebut, juga bisa dimanfaatkan menjadi wilayah pertambangan. Hanya saja semua dilakukan secara terukur dan dipastikan memberikan hasil kepada daerah tanpa melanggar ketentuan perundang-undangan.

"Semua potensi yang dimiliki daerah akan kami pacu semaksimal mungkin. Hanya saja semua itu dilakukan dengan terarah dan menyesuaikan peraturan yang berlaku," tegasnya kepada Antara Kalteng.

Pihaknya menilai, keberadaan perusda nantinya akan memudahkan pemkab untuk menggali potensi PAD baru. Sebab kerja dari perusda akan diarahkan pada bidang tertentu, sehingga mereka pun dapat fokus bekerja dan memberikan hasil terbaik.

Saat ini rencana pembentukan perusda itu sedang pihaknya matangkan, sehingga setelah terealisasi dapat benar-benar memberikan manfaat dan mampu mewujudkan apa yang diinginkan semua pihak.

"Yang jelas kami kaji terlebih dulu dan menyempurnakan apa saja yang masih dianggap kurang. Kami tidak ingin terburu-buru dan hasilnya tidak sesuai dengan harapan," tutur Yulhaidir.

Lebih lanjut ia juga telah menginstruksikan kepada seluruh kepala organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkab Seruyan, untuk bekerja secara maksimal dan mencapai target yang telah ditetapkan sebelumnya.