Kelurahan Lanjas wakili Barito Utara ikuti lomba tingkat provinsi

id kelurahan lanjas wakil barito utara ikuti lomba tingkat kaltenglomba kelurahan tingkat,kelurahan lanjas barto utara,lomba tingkat provinsi kalteng

Kelurahan Lanjas wakili Barito Utara ikuti lomba tingkat provinsi

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra (kanan) didampingi Wakil Ketua I DPRD Hj Mery Rukaini, Sekda H Jainal Abidin, Camat Teweh Tengah H M Mastur dan Lurah Lanjas Tri Winarsih menerima plakat dari tim penilai lomba desa dan kelurahan di depan kantor Lurah Lanjas di Muara Teweh, Senin (24/6/2019). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (ANTARA) - Kelurahan Lanjas  Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara mewakili kabupaten setempat mengikuti lomba desa dan kelurahan untuk tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2019. 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kalteng dan tim penilai lomba desa datang untuk menilai desa disambut Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, Wakil Ketua I DPRD Hj Mery Rukaini, Sekda H Jainal Abidin,  Camat Teweh Tengah H M Mastur dan Lurah Lanjas Tri Winarsih serta sejumlah ketua RT di kelurahan setempat di Muara Teweh, Senin.

Bupati Barito Utara  Nadalsyah dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan pelaksanaan penilaian lomba desa dan kelurahan harus didahului dengan evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang dinilai.

"Penilaian dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat desa, tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat provinsi, dan tingkat regional. Dalam pelaksanaan penilaian lomba desa dan kelurahan mengacu pada indikator penilaian sesuai ketentuan Permendagri No 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan," katanya.

Menurut dia, dalam penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat Kalteng ini ada tiga bidang yang menjadi penilaian yaitu bidang pemerintahan, bidang kewilayahan, dan bidang kemasyarakatan.

Ada beberapa keuntungan dalam pelaksanaan lomba desa dan kelurahan selain sebagai ajang kompetisi antar desa dan antar kelurahan diantaranya meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun desa dan kelurahan.

Kemudian memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan pekarangan masing-masing maupun lingkungan sarana umum yang ada dengan demikian dapat meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat.

"Pemkab Barito Utara selalu berupaya untuk mendukung pelaksanaan pembangunan desa dan kelurahan khususnya pelaksanaan lomba desa dan kelurahan ini secara obyektif. Sehingga tidak menimbulkan kesan bahwa lomba desa dan kelurahan adalah suatu kegiatan rutin semata yang sarat  dengan acara seremonial," kata dia.

Akan tetapi lebih dari itu yang diharapkan adalah betul-betul merupakan kewajiban dan tanggung jawab bersama sebagai pemimpin dan pemerintah desa sehingga dapat bekerjasama dengan semua lapisan masyarakat untuk berupaya membangun desa/kelurahan yang dapat dibanggakan dan berprestasi seperti sekarang ini paling tidak sebagai juara lomba desa dam kelurahan tingkat Kabupaten Barito Utara.

Sementara, ketua tim penilai lomba desa dan kelurahan Eko Silistiono mengatakan bahwa maksud dan tujuan kedatangan kami dari Dinas PMD Kalteng dan tim penilai lomba datang dan berkunjung ke Muara Teweh, khususnya di Kelurahan Lanjas ini adalah untuk bersilaturahmi saling mengenal dan untuk melihat potensi dari Kelurahan Lanjas ini.

"Kira-kira nanti, kalau memang rezeki, kalau memang dianggap mampu bisa mewakili Provinsi Kalimantan Tengah dalam kegiatan penilaian lomba kelurahan ditingkat nasional. Kami sangat berterima kasih atas penyambutan ini secara adat, karena ini memang adat kita di Kalimantan Tengah," ujar Eko.