Desa Tawan Jaya wakili Barito Utara lomba tingkat provinsi

id desa tawan jaya wakili barut lomba desa tingkat provinsi kalteng,desa tawan jaya ,kecamatan tewe selatan,wakil bupati barito utara sugianto,lomba desa

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra (kanan) bersama Ketua tim penilai lomba desa tingkat provinsi Eko Sulistiono (kiri) berjalan saat penilaian Desa Tawan Jaya yang mewakili Barito Utara pada lomba desa tingkat Kalteng 2019, Selasa (25/6/2019) (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)

Muara Teweh (ANTARA) - Desa Tawan Jaya Kecamatan Teweh Selatan terpilih mewakili Kabupaten Barito Utara pada lomba desa tingkat Provinsi Kalimantan Tengah 2019.

Penilaian oleh tim penilai yang diketuai Eko Sulistiono dari Dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kalteng dilaksanakan di Kantor Desa Tawan Jaya dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, didampingi  Wakil Ketua I DPRD Hj Mery Rukaini  dan dihadiri masyarakat setempat, Selasa.

Camat Teweh Selatan Sugeng mengucapkan selamat datang kepada seluruh tim penilai di Desa Tawan Jaya. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi para aparat desa dan masyarakat untuk memajukan desa agar lebih baik lagi. 

"Sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Barito Utara dalam mengikuti lomba, diharapkan nantinya mampu mendapat nilai terbaik dari kriteria yang telah ditetapkan serta bisa menjuari lomba ini," kata Sugeng.

Tim penilai dari Propinsi Kalteng Eko Sulistiono menyampaikan perlombaan desa dan kelurahan bertujuan untuk mengevaluasi serta menilai perkembangan desa dan kelurahan yang mempunyai status berkembang dan cepat berkembang. 

Lebih lanjut keberhasilan suatu desa dan kelurahan agar menjadi juara, tentu didukung Pemerintah Daerah serta oleh masyarakat itu sendiri. Berbagai kegiatan dilakukan bersama, antara lain dengan mengembangkan produk ungulan yang lebih kreatif dan inovatif agar memiliki daya saing secara kompetitif. 

"Dengan demikian diharapkan akan tercipta akselerasi pembangunan yang berbasis keswadayaan dan kemandirian masyarakat disetiap desa dan kelurahan," ucap Eko.
 
Penyerahan mobil ambulance oleh Wakil Bupati Sugianto Panala Putra kepada Pemerintah Desa Tawan Jaya yang diterima langsung oleh Penjabat Kepala Desa Tawan Jaya Roby Sagara di Desa Tawan Jaya, Selasa (25/6/2019). (Foto Dinas Kominfo dan Persandian Barut)
Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra menyampaikan penilaian lomba desa dan kelurahan dilaksanakan dengan tujuan pokok untuk meningkatkan semangat dan tekad serta tanggung jawab masyarakat dalam melaksanakan dan memelihara hasil pembangunan desa, disamping itu pula perlombaan desa dan kelurahan yang merupakan agenda rutin didaerah adalah satu bentuk kompetensi pembangunan yang dilakukan secara partisipatif dan obyektif oleh masyarakat desa dan kelurahan.

Lebih lanjut dalam pelaksanaan penilaian sesuai ketentuan Permendagri No 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang teridiri dari tiga bidang yakni bidang pemerintahan, bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan. 

Ada beberapa keuntungan dalam pelaksanaan lomba desa dan kelurahan yaitu meningkatkan partisifasi aktif masyarakat dari semua golongan dalam membangun desa dan kelurahan. Memelihara dan meningkatkan kebersihan lingkungan baik lingkungan perkarangan masing-masing maupun lingkungan sarana umum dan meningkatkan kesehatan masyarakat.

Kemudian meningkatkan pelayanan pemerintahan dan pembngunan terhadap masyarakat dan meningkatkan kerjasama antar pemimpin desa, aparat desa, lembaga dan tokoh masyarakat.Meningkatkan inisiatif dan kreatifitas dalam rangka percepatan keberdayaan masyarakat dan pemerintah desa menuju desa yang mandiri serta Meningkatkan tertib administrasi, baik administrasi pemerintah desa, LPMD/LPMK dan PKK desa.

Diharapkan moment lomba desa/kelurahan ini dapat menjadi motivasi kepada seluruh aparat desa dan masyarakat, untuk kemajuan Desa Tawan Jaya.

"Saya mengucapkan selamat atas keberhasilan Desa Tawan Jaya Kecamatan Teweh Selatan wakil dari Kabupaten Barito Utara yang mengikuti lomba ditingkat provinsi dan mudah-mudahan bisa mendapat juara sesuai dengan yang diharapkan," kata Sugianto mengakhiri sambutan Bupati. 

Pewarta :
Uploader : Admin 1
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar