Pemkab Kapuas minta masyarakat berpartisipasi mensukseskan meraih Adipura

id Kuala Kapuas,Pemkab Kapuas,Adipura Kapuas,Dinas Lingkungan Hidup,Dinas Kominfo Kapuas,Pemkab Kapuas minta masyarakat berpartisipasi mensukseskan merai

Pemkab Kapuas minta masyarakat berpartisipasi mensukseskan meraih Adipura

Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas, Dr. H Suwarno Muriyat (kiri) dan Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup setempat, Kusmiatie (kedua dari kiri) saat melakukan siaran Melalui Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) setempat untuk mengimbau masyarakat agar ikut mensukseskan Adipura. (Dokumentasi Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas)

Untuk meraih Adipura tidak hanya bisa diserahkan kepada pemerintah kabupaten saja
Kuala Kapuas (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas meminta masyarakat setempat untuk dapat berpartipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan di lokasi tempat tinggalnya masing-masing. Hal itu bertujuan agar target memenangkan Piala Adipura dapat tercapai.

"Untuk meraih Adipura tidak hanya bisa diserahkan kepada pemerintah kabupaten saja, tapi peran serta masyarakat sangat besar. Khususnya dalam menjaga kebersihan lingkungan, dan tidak membuang sampah sembarangan," kata Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kapuas Kusmiatie, di Kuala Kapuas, Kamis.

Ia mengatakan, imbauan tersebut juga telah disampaikan secara langsung kepada masyarakat melalui siara radio milik pemerintah daerah Kabupaten Kapuas beberapa waktu lalu frekuensinya adalah 91,4 FM.

Menurutnya, dalam penilaian Adipura nanti ada 44 titik pantau oleh tim. Salah satunya seperti lokasi perkantoran, sekolah, jalan dan beberapa perumahan.

Oleh karena itu, pihaknya terus mengingatkan dan mengimbau masyarakat agar mensukseskan perolehan Adipura tahun 2019 dengan cara jangan membuang sampah sembarangan serta jangan membakar tumpukan sampah.

Pihaknya mengingatkan buanglah sampah pada tempatnya serta memilah limbah tersebut antara yang organik dan non organic saat akan dibuang kepembuangan sampah.

Baca juga: Kontra pekerja dan PT LAK, SBSI ngadu ke DPRD Kapuas

"Selain itu, kami juga berharap masyarakat dapat melakukan penanaman pohon agar Kapuas terlihat hijau, asri dan semakin cantik," ujarnya.

Sementara itu Plt Kadis Kominfo Kapuas Suwarno Muriyat ketika melakukan siara radio beberapa waktu lalu, juga mengingatkan kepada masyarakat agar sebaiknya membuang sampah pada tempatnya sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

"Selain memilah antara sampah organik dan non organik sebelum membuangnya, masyarkat juga sebaiknya membuang sampah pada tempat dan waktu yang sudah ditentukan agar tidak terjadi penumpukan di bak sampah sehingga Kota AIR yang kita cintai benar-benar menjadi Kota yang Aman, Indah dan Ramah," ucap Suwarno.

Baca juga: Tim lakukan survei akreditasi RSUD Kapuas

Lebih lanjut Suwarno menyampaikan, bahwa nantinya selain melalui RSPD Dinas Kominfo Kabupaten Kapuas juga akan terus melakukan siaran keliling untuk memberi informasi atau ajakan sukseskan Adipura kepada masyarakat baik melalui Mobil Siaran Diskominfo atau media sosial.

"Mari kita sukseskan penilaian Adipura tahun 2019 untuk Kabupaten Kapuas. Mari bersama-sama menjaga kebersihan dan menanam pohon," demikian Plt Kadis Kominfo Kapuas Suwarno Muriyat.

Baca juga: Pemkot diminta benahi sarana yang masuk penilaian Adipura