Produk unggulan Kotim dipamerkan di expo tingkat nasional

id kabupaten kotawaringin timur,kotim,produk kotim,pameran tingkat nasional,Dedy Purwanto

Produk unggulan Kotim dipamerkan di expo tingkat nasional

Tim dari Setda Kotawaringin Timur yang ikut dalam even nasional Apkasi Otonomi Expo 3-5 Juli 2019 di Jakarta. Dalam kegiatan itu Kotim memamerkan sejumlah produk unggulan. (Foto Istimewa)

Sampit (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah memamerkan beberapa produk unggulan daerah di even nasional, Apkasi Otonomi Expo yang berlangsung 3-5 Juli 2019 di Jakarta.

"Yang kami pamerkan dalam even nasional tersebut kain batik khas Kotim, kerajinan tangan, panganan khas, gula kelapa, udang krispy, stik akar pinang, olahan bahan baku ikan jelawat seperti pangsit dan amplang," kata Kabag Protokol dan Komunikasi Publik Setda Kotim Dedy Purwanto, Rabu.

Dikatakan, melalui pameran tingkat nasional tersebut diharapkan produk-produk dari Kabupaten Kotawaringin Timur dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Tim yang dikirim untuk menjadi peserta pun berupaya maksimal memanfaatan kesempatan tersebut, dengan harapan produk unggulan dari Kabupaten Kotim agar dapat lebih dikenal banyak orang dari berbagai kalangan.

Dedy mengatakan berbagai produk unggulan yang dipamerkan tersebut mampu menarik perhatian dan minat masyarakat untuk berkunjung di stan Kabupaten Kotawaringin Timur. Bahkan tidak sedikit pengunjung yang membelinya untuk dibawa pulang.

"Alhamdulillah, antusiasme pengunjung Apkasi Otonomi Expo ke stan pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur cukup tinggi. Banyak yang memuji produk olahan tersebut," beber dia.

Pemkab Kotim terus berupaya mengenalkan produk unggulan pada berbagai even. Salah satunya di pameran tingkat nasional. Hal ini juga sebagai bantuan pemerintah dalam pemasaran produk daerah.

Baca juga: DPRD desak fungsikan pasar Mentaya hentikan kerugian daerah

Menurut Dedy, Apkasi Otonomi Expo 2019 yang secara resmi dibuka langsung oleh Menkopolhukam Wiranto, didampingi Ketua Apkasi, Mardani H Maming, memberikan manfaat besar terhadap daerah yang mulai berkembang seperti Kotim. 

"Kotim kan merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Tengah yang memiliki hasil alam melimpah dan memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Melalui pembinaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di daerah itu kedepannya bisa menjadi lebih mandiri mampu meningkatkan perekonomian rakyat.

"Melalui pameran tingkat nasional itu kami ingin memperkenalkan sekaligus memasarkan produk UMKM kita. Dan kamu juga ingin menunjukan ke dunia nasional jika produk kita kualitasnya tidak kalah bersaing denganbdaerah lain yang ada di Indonesia," tegasnya.

Dedy juga berharap kedepannya produk unggulan Kabupaten Kotawaringin Timur di kenal dan mampu menumbus pasaran dunia internasional.

Baca juga: Pelaku UMKM Kotim tagih komitmen pemerintah daerah