Perahu burung Tingang asal Kalteng terbaik pada STQ nasional 2019

id Pemprov kalteng, pemerintah provinsi kalimantan tengah, stq nasional, pontianak, kalimantan barat, perahu burung tingang, terbaik mobil hias, sepuluh

Perahu burung Tingang asal Kalteng terbaik pada STQ nasional 2019

Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya (dua dari kiri) mewakili kafilah menerima hadiah sebagai peserta terbaik mobil hias pawai taaruf pada STQ ke-XXV tingkat nasional, Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat, (5/7/2019). (Foto Istimewa)

Palangka Raya (ANTARA) - Mobil hias Kafilah Kalimantan Tengah pada pawai taaruf Seleksi Tilawatil Quran (STQ) ke-XXV tingkat nasional tahun 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat berhasil menjadi yang terbaik dan menyisihkan peserta dari provinsi lainnya.

"Mobil hias Kalteng berupa perahu burung Tingang yang dikolaborasikan dengan masjid berbalut rotan di bagian tengah hingga belakang, berhasil menjadi yang terbaik," kata Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kalteng Nuryakin saat dihubungi dari Palangka Raya, Sabtu.

Wakil Gubernur Kalteng Habib Ismail bin Yahya mewakili kafilah untuk menerima penghargaan pada kegiatan itu. Atas capaian tersebut, Kafilah Kalteng pada cabang mobil hias menerima hadiah sebesar Rp20 juta.

Mobil hias asal Kalteng itu dinilai layak menjadi yang terbaik, sebab selain menampilkan perpaduan yang sangat tepat juga sarat pesan penting di dalamnya. Pesan itu adalah tentang upaya menjaga keutuhan NKRI dan memelihara jalinan silaturahmi serta kerukunan antar sesama.

Baca juga: Tampilkan perahu burung Tingang, mobil hias Kalteng tuai banyak pujian

Baca juga: Manfaatkan STQ nasional sebagai sarana promosi produk lokal khas Kalteng


Sementara itu beberapa capaian prestasi juga berhasil diraih Kafilah Kalteng pada STQ itu, meliputi juara kedua untuk cabang lomba tahfidz lima juz yang berhasil dipersembahkan oleh Junaidi. Kemudian juara harapan kedua untuk cabang lomba tilawah dewasa yang diraih oleh Muhamadun.

"Sejumlah capaian prestasi pada keikutsertaan Kafilah Kalteng di STQ tingkat nasional kali ini cukup memuaskan, sebab para peserta dan tim pelatih serta pendamping telah bekerja secara maksimal untuk memberikan yang terbaik," tuturnya kepada Antara Kalteng.

Bahkan dari seluruh provinsi yang berpartisipasi dalam kegiatan dua tahunan itu, Kalteng berhasil masuk dalam sepuluh besar nasional. Tentunya capaian ini cukup membanggakan dan menjadi motivasi lebih kedepannya.

Tim pelatih dan pendamping juga memiliki sejumlah catatan pada setiap penampilan peserta asal Kalteng, sehingga nantinya bisa digunakan sebagai bahan evaluasi dan dilakukannya perbaikan dan pembenahan pada keikutsertaan selanjutnya.

"Usai mengikuti seluruh rangkaian pelaksanaan STQ tingkat nasional itu, seluruh Kafilah Kalteng siap kembali melalui jalur udara. Alhamdulillah, semua dalam kondisi sehat dan sesuai jadwal sore nanti tiba di Palangka Raya," jelas Nuryakin.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar